Tuesday, 23 May, 2017 - 05:26

Pemilihan Wagub Sulteng, DPRD Belum Surati Gubernur

Paripurna pemilihan calon wakil Gubernur beberapa waktu lalu. (Foto : Dok Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.com - Sesuai tahapan pemilihan Wakil Gubernur (Wagub) Sulawesi Tengah, 17 April 2017 merupakan batas akhir bagi Gubernur memasukkan dua nama calon Wagub, tetapi hingga saat ini, dua nama itu belum juga masuk ke DPRD Sulteng.

Ketua DPRD Sulawesi Tengah, Aminuddin Ponulele saat dikonfirmasi Metrosulawesi belum lama ini usai sidang Paripurna Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) Gubernur mengakui pihaknya belum mengirimkan surat permintaan dua nama calon Wagub kepada Gubernur.

Menurut mantan Ketua DPD I Golkar Sulawesi Tengah itu, masih ada waktu beberapa hari bagi DPRD menyurati Gubernur terkait dua nama calon Wagub. Salah satu alasannya, karena melihat belum ada kesepakatan semua partai pengusung terkait dua nama yang sudah dihasilkan.

“Belum ada surat yang dikirim, lagi pula kelihatannya urusan di tingkat partai pengusung belum selesai,” kata Aminuddin.

Belum dikirimnya dua nama juga diakui Longki Djanggola. Selain masih menunggu rekomendasi dari DPP PAN untuk Hidayat Lamakarate dan Zainal Daud, pihak DPRD juga belum mengirim surat.

“Belum ada surat permintaan dari DPRD. Kami juga sementara menunggu rekomendasi dari DPP PAN, semoga dalam waktu dekat rekomendasi itu sudah ada,” kata Longki belum lama ini.

Sesuai jadwal yang disusun Panitia Pemilihan (Panlih) Wagub Sulawesi Tengah, 31 Maret sampai 17 April adalah waktu yang diberikan kepada Gubernur untuk memasukkan dua nama calon Wagub. Selanjutnya 19-28 April, verifikasi berkas persyaratan penetapan bakal calon wakil gubernur. Sementara paripurna pemilihan dijadwalkan 5 Juni 2017 mendatang.

Meskipun Panlih sudah menyusun rangkaian pemilihan Wagub, tetapi perubahan jadwal dapat terjadi tergantung hasil partai pengusung. Pasalnya, dua nama yang dikirim Gubernur harus mengantongi rekomendasi dari semua partai pengusung, sehingga satu saja partai tidak memberikan rekomendasi, dipastikan DPRD tidak akan memproses nama tersebut.  


Editor : M Yusuf BJ

Kirim Komentar Anda
Budayakan beri komentar terkait artikel yang ditayangkan. Komentar adalah tanggapan pribadi sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim, tidak mewakili kebijakan redaksi METROSULAWESI dot com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus komentar sesuai dengan Pedoman Komunitas.