Wednesday, 26 July, 2017 - 22:21

Pemkab Donggala Asuransikan 500 Petugas Kebersihan

Bupati Donggala, Kasman Lassa. (Foto : Dok Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.com - Pemerintah Kabupaten Donggala bekerjasama dengan BPJS Ketenagakerjaan (BPJS-TK) Kantor Cabang Donggala memberikan perlindungan jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian (JKK-JKM) kepada 500 petugas kebersihan lingkungan Kabupaten Donggala, 1 April 2017 akhir pekan lalu.

Penandatanganan kesepahaman dilakukan pihak pemerintah Kabupaten Donggala oleh Bupati Kasman Lassa dan Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Palu Zulkarnaen Nasution di Donggala. Dalam kegiatan tersebut diserahkan secara simbolis seragam merah dan alat kebersihan seperti sapu, sekop, dan cangkul sebagai simbol dimulainya masa kerja para petugas kebersihan lingkungan itu. Selain itu, diserahkan pula kartu BPJS.

"Hal ini adalah salah satu langkah dari pemerintah kabupaten Donggala dalam mewujudkan Donggala sebagai Kota Wisata yang akan diresmikan di bulan Agustus 2017," ujar Bupati Donggala Kasman Lassa.

Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Palu Zulkarnaen Nasution menyampaikan apresiasi kepada pemerintah Kabupaten Donggala yang dengan sigap mendaftarkan seluruh petugas kebersihan diawal masa kerja mereka.

"Kabupaten Donggala merupakan kabupaten pertama yang mendaftarkan seluruh petugas kebersihannya kedalam program BPJS Ketenagakerjaan, kami sangat berterima kasih untuk itu dan kami juga berharap ini bisa menjadi role model di seluruh jajaran pemerintah kabupaten di Sulawesi Tengah agar lebih peduli dan sadar akan pentingnya jaminan sosial bagi seluruh pekerja di wilayahnya,” ungkap Zulkarnaen.

Melalui program jaminan sosial ini, peserta hanya membayar iuran sebesar Rp 10 ribu per bulan, pembayarannya dilakukan oleh pemerintah di Donggala.

Peserta jaminan sosial ini akan mendapat santunan kematian sebesar 58 kali upah yang dilaporkan bila meninggal dunia akibat kecelakaan kerja. Sementara jika pekerja mengalami kecelakaan biaya perawatan dan pengobatannya ditanggung BPJS Ketenagakerjaan.

Namun bila peserta meninggal dunia akibat sakit atau tidak termasuk kecelakaan kerja, maka ahli warisnya akan menerima santunan sebesar Rp 24 juta.

Sementara itu, Kepala Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Donggala Muzakir Ladoali yang turut hadir dan memberikan sambutan menyampaikan bahwa petugas kebersihan lingkungan Kabupaten Donggala yang direkrut dari 9 kecamatan dan 5 desa baik wanita maupun pria itu diharapkan dapat menciptakan kota yang bersih menuju Donggala sebagai kota Wisata.

Kegiatan yang dihadiri oleh sekitar 250 orang petugas kebersihan tersebut berlangsung meriah dan penuh keakraban. Diakhir sambutannya, Bupati Donggala juga mengajak seluruh hadirin untuk bernyanyi bersama lagu "Desaku" yang disambut tepuk tangan meriah oleh para petugas kebersihan tersebut.

Program sosial jaminan kerja itu sendiri menurut pihak BPJS Ketenagakerjaan merupakan upaya meningkatkan partisipasi masyarakat agar lebih berperan aktif dalam upaya pengelolaan lingkungan hidup yang sistematis, terukur dan berkelanjutan, serta merupakan salah satu langkah konkrit dalam upaya mendukung visi-misi Bupati Donggala menjadikan Donggala sebagai Kota Wisata.


Editor : Udin Salim

Kirim Komentar Anda
Budayakan beri komentar terkait artikel yang ditayangkan. Komentar adalah tanggapan pribadi sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim, tidak mewakili kebijakan redaksi METROSULAWESI dot com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus komentar sesuai dengan Pedoman Komunitas.