Wednesday, 20 June, 2018 - 17:24

Pemkab Morut Disarankan Belajar Pengelolaan Keuangan Daerah dari Makassar

Syarifuddin Hi Madjid. (Foto: Dok Metrosulawesi)

Morut, Metrosulawesi.com - Ketua DPRD Morowali Utara, Ir Syarifuddin Hi Madjid menyarankan kepada Pemerintah Kabupaten Morowali Utara belajar dari Makassar mengenai pengeloaan keuangan daerah.

Syarifuddin mengatakan, Pemerintah Kota Makassar dua tahun berturut-turut yakni tahun anggaran 2015 dan 2016 meraih penghargaan indeks transparansi pengelolaan keuangan daerah terbaik.

Hal itu dikemukakan Syarifuddin seusai mengikuti seminar nasional dan peluncuran indeks keuangan daerah di Jogyakarta belum lama ini.

Politisi dari Partai Demokrat ini menekankan DOB (daerah otonomi daerah) tidak boleh menjadi alasan Pemkab Morut untuk belum membenahi tata kelola keuangan daerah. Apalagi, kata dia Morut dua tahun berturut-turut disclaimer.

“Justru kami harapkan saran ini diterima dan jangan malu-malu kita belajar pada Pemkot Makassar yang sudah dua kali meraih penghargaan indeks transparansi pengelolaan keuangan daerah,” ujar Fudin panggilan akrab ketua DPRD ini.

“Upaya ini kami lemparkan kepada kepala daerah, apakah pemerintahannya mau menjadi terbaik atau tetap dalam kondisi biasa-biasa saja. Jika ini terjadi, otomatis kabupaten kita akan terkebelakang dalam hal pengelolaan keuangan daerah,” tandasnya.

Dia berharap Pemkab Morut berupaya lebih optimal dalam menciptakan kondisi keuangan yang sehat dan tidak hanya berorientasi mendapatkan opini WTP. Namun juga memperhatikan substansi pengelolaan keuangan yang sehat dan transparan.


Editor: Syamsu Rizal