Wednesday, 20 June, 2018 - 17:00

Pemkab Sigi Terima Penghargaan dari Kemenkes

PENGHARGAAN – Wabup Sigi Paulina didampingi Kepala Dinkes Sigi dr Sofyan Mailili menerima penghargaan KTR, belum lama ini. (Foto: Humas Pemkab Sigi)

Sigi, Metrosulawesi.com - Dalam rangka memperingati hari tanpa tembakau sedunia (HTTS) 2018, Kamis, 31 Mei 2018, Pemkab Sigi melalui wakil bupati Sigi Paulina, menerima penghargaan pastika parahita, yang diberikan ke kepala daerah telah menetapkan peraturan daerah (Perda) tentang kawasan tanpa rokok (KTR) di daerah masing-masing.

Penghargaan KTR diterima Pemkab Sigi ini diberikan Direktur Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, dr Anung Sugihantono M Kes.

Penghargaan ini diberikan kepada 43 Provinsi dan Kabupaten/Kota telah menetapkan Perda Kawasan Tanpa Rokok, termasuk salah satunya kabupaten Sigi.

Wabup Sigi Paulina, mengatakan ruang kawasan tanpa rokok (KTR) di Sigi  adalah area dinyatakan dilarang keras merokok atau pun promosikan produk tembakau. Oleh karena itu, semua area telah ditetapkan sebagai KTR harus bebas dari asap rokok.

“Karena area KTR di Sigi telah ditetapakan menjadi Perda. Sehingga menjadi tanggungjawab Pemkab melindungi generasi sekarang dari bahaya asap rokok,” ungkapnya.

Dia menambahkan, penerapan KTR secara konsisten diharap mampu meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, terutama faktor risiko penyakit kematian disebabkan oleh rokok.

“Kami akan selalu mengkampanyekan ke masyarakat tentang perilaku hidup bersih dan sehat tanpa asap rokok. Sehingga secara perlahan perokok aktif bias berhenti demi kesehatannya sendiri,” pungkasnya.


Editor: Syamsu Rizal

Tags: