Wednesday, 19 September, 2018 - 11:19

Pemkot Bakal Gelar Pawai Takbiran

Abdul Hafid. (Foto: Moh Fadel/ Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.com - Kepala Bagian Kesejahteraan Masyarakat (Kesra) Pemerintah Kota Palu, Abdul Hafid mengungkapkan malam jelang hari raya Idul Fitri 1 Syawal 1439 H, Pemkot Palu berencana menggelar pawai takbiran.
 
“Hal itu sesuai hasil rapat penyambutan dan persiapan Idul Fitri 1439 H yang digelar Pemkot pada 31 Mei 2018 dan 4 Juni 2018, dan menghadirkan sejumlah tokoh agama, perwakilan Kemenag Kota Palu, Camat dan Lurah, Kepala KUA, perwakilan ormas Islam, serta dari Polres Palu dan Kodim 1306 Donggala,” kata Hafid di ruang kerjanya, belum lama ini, Selasa, 5 Juni 2018.

Dalam acara tersebut, kata Hafid, akan menghadirkan perwakilan OPD Kota Palu, para Risma se-Kota Palu yang akan diutus oleh Kelurahan masing-masing, ormas keagamaan, organisasi kepemudaan, dan komunitas-komunitas di Kota Palu.

“Pawai takbiran tersebut nantinya akan mengambil rute start dan finish di halaman kantor Wali Kota Palu, dan melalui beberapa ruas jalan di Kota Palu, di antaranya jalan Prof. M. Yamin, jalan Basuki Rahmat, jalan I Gusti Ngurah Rai, jalan Gawalise, jalan Munif Rahman, jalan Cumicumi, jembatan Palu IV, bundaran patung kuda, jalan Komodo, jalan Tombolotutu, jalan Sisingamangaraja dan jalan Veteran,” jelasnya.

Hafid mengatakan, para peserta pawai nantinya juga akan dibolehkan menambahkan bedug atau rebana pada saat takbiran, dengan catatan harus tertib dan tidak menonjolkan kesan hura-hura.

“Yang penting tertib dan tidak kelihatan lebih banyak hura-huranya, karena yang diutamakan adalah lantunan takbirnya,” ujarnya.

Pemerintah Kota Palu bersama lembaga keagamaan, pemuda, adat dan masyarakat juga menyepakati pelaksanaan shalat Idul Fitri 1439 Hijriah akan dipusatkan di Lapangan Vatulemo Palu. Namun pelaksanaan shalat Id di sana akan dipindah jika terjadi hal-hal yang tak terduga.

Lapangan Gelanggang Olahraga (GOR) Siranindi menjadi lokasi pemindahan salat id dari Lapangan Vatulemo jika tidak memungkinkan salat id dilaksanakan di Vatulemo.

"Jadi kita sepakat. Jika tiba-tiba terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti hujan deras seperti pelaksanaan shalat Id tahun kemarin, jamaah semua dipindah di lapangan GOR Siranindi," kata Sekretaris Kota Palu Asri saat memimpin rapat koordinasi jelang lebaran bersama perangkat agama, pemuda, adat dan masyarakat di ruang Bantaya Kantor Pemerintah Kota Palu beberapa waktu lalu.

Dalam rapat yang dihadiri Walikota Palu itu disampaikan pemilihan GOR Siranindi sebagai lokasi alternatif karena berbagai pertimbangan.

Diantaranya jarak antara Lapangan Vatulemo dengan GOR Siranindi yang tidak begitu jauh, luas lapangan di dalam gedung yang mampu menampung seribuan jamaah dan terhindar dari guyuran hujan.

Meski dipusatkan di Lapangan Vatulemo, Wali Kota Palu Hidayat menyarankan kepada masyarakat yang berdomisili jauh dari Lapangan Vatulemo agar tidak perlu salat di sana.

Cukup kata Hidayat shalat Id di halaman atau pelataran masjid yang dekat dengan tempat tinggal.

"Tiap-tiap kelurahan juga sudah menyiapkan lokasi shalat id di sana. Jadi kalau mau salat id saran saya di dekat rumahnya bapak ibu saja. Kalau jarak rumahnya bapak ibu dengan Lapangan Vatulemo jauh, shalat id di halaman masjid di dekat rumahnya bapak ibu situ saja," ujar Hidayat. 


Editor: M Yusuf Bj