Saturday, 22 September, 2018 - 09:15

Pemprov Akan Periksa Hewan Kurban

ILUSTRASI - Hewan kurban. (Foto: Dok Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulteng akan memeriksa kesehatan hewan ke tempat-tempat pemotongan hewan kurban pada Hari Raya Idul Adha 22 Agustus mendatang.

“Tapi kita mau rapat dulu dengan Pemerintah Kota Palu untuk menentukan waktunya,” ujar Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan Kesmavet Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunak) Greesje Kuhu kepada Metrosulawesi, Rabu, 15 Agustus 2018.

Dia mengatkan petugas akan diturunkan untuk memastikan kesehatan hewan-hewan kurban yang akan disembelih masyarakat. Mengacu tahun sebelumnnya, yang perlu diwaspadai di daging sapi kurban hanya cacing hati. Cacing hati sapi kerap ditemukan petugas pengawas kesehatan hewan berdasarkan pemeriksaan petugas kesehatan ternak. Hati sapi yang ada cacingnya tidak layak untuk dikonsumsi.

“Kalau ditemukan ada cacing hati harus dibuang. Selain dari kesehatan hewannya, petugas kami juga akan memeriksa umur sapi apakah layak untuk dikurbankan sebagaimana yang dipersyaratkan,” kata Greesje.

Seperti diberitakan sebelumnya, Disbunak Sulteng mencatat kebutuhan pemotongan sapi saat Hari Raya Idul Adha nanti mencapai 3.620 ekor.

“Stok sapi kita aman untuk memenuhi kebutuhan Idul Adha, tidak perlu memasukkan dari luar provinsi,” ujar Kepala Bidang Peternakan Disbunak Sulteng, Siti Wahdaniah, Selasa, 10 Juli 2018.

Siti menerangkan sapi-sapi tersebut seluruhnya dari wilayah kabupaten/kota di Sulawesi Tengah. Suplai sapi terbanyak berasal dari Kabupaten Banggai, Donggala dan Sigi. Ketiga kabupaten itu menjadi lumbung penghasil sapi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat saat perayaan- perayaan hari besar keagamaan.

Sulteng memang diketahui salah satu daerah penghasil ternak sapi di Pulau Sulawesi. Selain Banggai, Donggala, dan Sigi, diketahui Tojo Unauna dan Morowali juga menjadi lumbung ternak sapi di Sulteng.

“Kita tidak perlu impor sapi karena semua kabupaten/kota di daerah kita penghasil ternak sapi. Sapi-sapi itu sekarang berada dipetani ternak yang siap dipotong saat Idul Adha nanti,” terangnya.

Siti mengungkapkan sepanjang tahun 2018, total kebutuhan pemotongan sapi sebanyak 31.846 ekor. Dari jumlah itu angka pembagian setiap bulannya berbeda mengacu perayaan hari besar keagamaan pada bulan-bulan tertentu seperti Hari Raya Idul Fitri, Idul Adha, dan Natal.


Editor: M Yusuf Bj