Tuesday, 21 November, 2017 - 06:38

Pemprov Sulteng Cairkan Gaji 13 dan 14 Bersamaan

Ridwan Mumu. (Foto : Dok)

Palu, Metrosulawesi.com - Kepala Biro Humas dan Protokol Setdaprov Sulteng Ridwan Mumu mengungkapkan pencairan gaji 13 dan 14 bagi PNS telah dilakukan. Pencairan gaji yang telah dinanti-nanti aparatur sipil tersebut dilakukan secara bersamaan.

"Gaji 13 dan 14 untuk PNS Pemprov sudah cair. Khusus untuk Biro Humas dan Protokol pembagiannya kalau bukan hari ini mungkin besok. Uangnya sudah ada sama bendahara kami," ujar Ridwan Mumu di Ruangannya, Kamis, 30 Juni 2016.

Kata dia, adapun besaran nominal untuk gaji 14/THR sesuai gaji pokok plus tunjangan keluarga, tunjangan jabatan atau tunjangan umum, dan tidak termasuk tunjangan kinerja.

Sementara untuk gaji 13, besaran nominal yang diterima masing-masing PNS dihitung sesuai masa kerja.
Menurut Ridwan, ada pertimbangan khusus yang diambil pemerintah sehingga pencairan gaji 13 dan 14 dilakukan bersamaan. Sebab awalnya, pencairan gaji 13 dan 14 direncanakan secara terpisah. "Tapi itu tergantung lagi dari pemerintah daerah masing-masing. Kalau khusus Pemprov kebijakan pimpinan mencairkan bersamaan," tutur Ridwan.

Sementara itu, berdasarkan informasi Branch Manager Bank Sulteng Kantor Cabang Utama, Ramli Martasi, mengutarakan adapun total dana yang dicairkan untuk gaji 13 dan 14 bagi PNS Pemprov mencapai Rp77 miliar.

“Jadi kita sudah mulai salurkan sejak beberapa hari lalu, sampai saat ini kita masih menyalurkan pembayaran gaji ke-13 dan 14 khusus untuk pegawai di Kota Palu dan Pemerintah Provinsi. Yang kita salurkan khusus gaji 13 dan 14 dulu, karena untuk gaji bulan ini itu disalurkan per tanggal satu,” kata Ramli kepada Metrosulawesi, di Kantor Pusat Bank Sulteng, Rabu 29 Juni 2016.

Seperti diketahui, pencairan gaji 14 merupakan pertamakali bagi PNS. Sebelumnya, golongan ini hanya menerima 13 kali gaji, yakni 12 bulan gaji dan gaji ke 13.

Untuk gaji ke 13, pemerintah mengeluarkan Peraturan Pemerintah (PP) No 19, No 20, No 21, dan No 22, serta Peraturan Menteri Keuangan (PMK) No 96/PMK.05/2016. Sedangkan untuk pencairan gaji ke 14/THR diatur dalam PMK No 97/PMK.05/2016.


Editor : Udin Salim

Tags: 
Kirim Komentar Anda
Budayakan beri komentar terkait artikel yang ditayangkan. Komentar adalah tanggapan pribadi sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim, tidak mewakili kebijakan redaksi METROSULAWESI dot com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus komentar sesuai dengan Pedoman Komunitas.