Wednesday, 29 March, 2017 - 17:28

Pemprov Sulteng Prioritaskan Pengentasan Kemiskinan

BUKA ACARA - Wakil Gubernur Sulteng Sudarto membuka Rapat Review Pelaksanaan Program Terpadu Penanggulangan Kemiskinan Berbasis Bedah Kampung Sulawesi Tengah di Gedung Pertemuan Bappeda Sulteng, Rabu (25/5/2016). (Foto : Michael Simanjuntak/ Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.com - Pemprov Sulteng melalui Wakil Gubernur H Sudarto mengatakan penanggulangan kemiskinan merupakan agenda prioritas pembangunan di Sulawesi Tengah.

Hal ini diutarakan Wagub saat membuka Rapat Review Pelaksanaan Program Terpadu Penanggulangan Kemiskinan Berbasis Bedah Kampung (PTPK-BBK) Sulawesi Tengah di Gedung Pertemuan Bappeda Sulteng, Rabu (25/5/2016).

“Upaya menanggulangi kemiskinan tidak hanya untuk mencapai target pembangunan daerah. Tetapi juga dalam rangka mencapai pembangunan nasional dan Milenium Development Goals yang dicanangkan masyarakat dunia. Dimana Indonesia menjadi salah satu negara yang turut berperan aktif mewujudkannya,” ujar Wagub.

Guna mewujudkannya, Wagub meminta setiap kebijakan, program dan kegiatan, baik yang dilaksanakan oleh pemerintah maupun masyarakat sipil, termasuk dunia usaha dan lembaga-lembaga donor, harus berfokus sebagai upaya pengentasan kemiskinan di Sulawesi Tengah.

Menurut Sudarto, akselerasi pengurangan kemiskinan di Sulteng perlu dilakukan, tidak hanya melalui program dan kegiatan reguler yang ada selama ini. Namun juga dengan terobosan, sehingga jumlah penduduk miskin dapat ditekan secara signifikan.

Diuraikannya, persentase penduduk miskin di Sulawesi Tengah periode 2011-2015 mengalami penurunan secara signifikan.

"Persentase angka kemiskinan Tahun 2011 sebanyak 433.660 jiwa atau 14,04 persen. Tahun 2012 turun menjadi 410,980 jiwa atau 14,94 persen. Tahun 2013 turun menjadi 400,410 jiwa atau 14,32 persen. Tahun 2014 turun menjadi 387,060 jiwa atau 13,61 persen, dan pada September 2015 kemiskinan ditekan hingga 406,340 jiwa atau 14,07 persen," urainya.

Kata Wagub, pencapaian penurunan kemiskinan tersebut mendapat apresiasi dari pemerintah pusat dengan memberikan penghargaan terbaik pertama pencapaian target MDGs untuk provinsi dengan pengentasan kemiskinan terbaik Tahun 2012-2015.

Dalam rapat PTPK-BBK ini terungkap Tahun 2014, PTPK-BBK berlokasi di 5 kabupaten di wilayah Sulawesi Tengah yaitu Kabupaten Parigi Moutong, Kabupaten Donggala, Kabupaten Banggai, Kabupaten Poso dan Kabupaten Tojo Una-una.

Adapun sasaran PTBK-BBK Tahun 2015 yakni delapan Kabupaten/Kota yakni Kabupaten Sigi, Toli-toli, Buol, Banggai Kepulauan, Morowali, Morowali Utara, Banggai Laut dan Kota Palu.
Kegiatan yang bertemakan “Entaskan Kemiskinan” tersebut dihadiri Wakil Bupati/ Wakil Walikota, Kepala Bappeda se-Kabupaten/Kota, dan Pimpinan SKPD serta pihak terkait lainnya.


Editor : Syamsu Rizal

Tags: 
Kirim Komentar Anda
Budayakan beri komentar terkait artikel yang ditayangkan. Komentar adalah tanggapan pribadi sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim, tidak mewakili kebijakan redaksi METROSULAWESI dot com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus komentar sesuai dengan Pedoman Komunitas.