Friday, 20 April, 2018 - 14:57

Pencairan Dana BOS Ditunda Bagi Sekolah Bermasalah

Irwan Lahace. (Foto: Dok Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.com - Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulawesi Tengah, Irwan Lahace mengungkapkan dana Bantauan Operasional Sekolah (BOS) telah disalurkan ke sejumlah sekolah pada pekan lalu. 

“Namun masih ada sekolah yang bermasalah, karena laporan dana BOSnya belum lengkap. Sehingga Dikbud Sulteng terpaksa menunda pencairanya. 

Namun Irwan enggan memberikan data sekolah bermasalah tersebut. 

“Yang jelas kami telah cairkan dana BOS Rp23 miliar untuk di distribusikan ke sejumlah sekolah,” kata Irwan usai memantau UNBK, Senin, 2 April 2018.   

Irwan mengatakan pihaknya sangat hati-hati dalam mengelola dana BOS agar kendala yang terjadi dalam pencairan dana BOS 2017 tidak terulang lagi. 

“Olehnya itu, keterlambatan dana BOS dicairkan hanya karena faktor kehati-hatian, karena ada  hasil pemeriksaan dari BPK. Kita tahun sebelumnya memang masih mendapatkan teguran, tetapi untuk 2018, kami berupaya tidak ada lagi masalah,” ujar Irwan. 

Diketahui, 12 provinsi mengalami keterlambatan pencairan dana BOS. Irwan mengakui bahwa lambatnya pencairan dana BOS dapat mempengaruhi kinerja sekolah.  

 

Editor: M Yusuf Bj