Friday, 15 December, 2017 - 21:58

Pencetakan e-KTP Kembali Terhambat

Burhan Toampo. (Foto : Dok Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.com - Meski blangko e-KTP telah tiba di Kota Palu sebanyak 6000 keping, namun pencetakan e-KTP masih belum bisa dilakukan oleh Dinas Kependudukan dan Pencacatan Sipil Kota Palu. Hal ini dikarenakan tinta pecetakan habis, dan masih dalam pemesanan.
 
Demikian dikatakan Kepala Dinas Kependudukan dan PencacatanSipil Kota Palu, Burhan Toampo kepada metrosulawesi, Senin, 8 Mei 2017.

“Sudah dua minggu pesanan tinta percetakan e-KTP belum ada jawaban dari  Unit Pelayanan Pusat e-Katalog. Saya juga telah berupaya untuk menyampaikan melalui telfon kepada pihak pusat, agar segera mengirim tinta tersebut,” katanya.

Kata dia, belum ada jawaban yang pasti, kapan tinta dikirim oleh pusat.

“Kami ini sudah ingin sekali mencetak e-KTP karena warga Kota Palu sudah bertanya-tanya,” katanya.

Burhan menjelaskan pengadaan tinta melalui e-Katalog bukan melalui kontrak biasa seperti kontrak-kontrak sebelumnya.

“Memang jika melalui proses e-Katalog perlu ada proses yang jelas. Jika belum jelas Dana Alokasi Khusus (DAK), pihak e- Katalog belum mau mengurusnya. Tetapi dana itu sudah di perjelas oleh pemerintah pusat, dan dana itu telah masuk ke rekening pemerintah Kota Palu di 17 April 2017 lalu, maka mungkin pengiriman tinta ini masih dalam proses,” ujarnya.

Sementara itu, Burhan mengatakan daftar tunggu e-KTP saat ini sekitar 6000 orang. Kata dia, jika tinta telah tersedia, dipastikan semua akan dicetakan sesuai dengan daftar tunggu yang telah terdata.

“Tinta percetakan e KTP tidak ada dijual di Kota Palu, hanya ada di Jakarta. Tinta ini bukan seperti tinta biasa, tinta ini juga datangnya  perpaket yang harganya cukup mahal kurang lebih Rp4 juta,” ungkapnya.
 
Burhan menegaskan semua masyarakat Kota Palu tetap terlayani untuk merekam di beberapa kecamatan. Pihak Disdukcapil Palu siap membantu jika ada warga yang membutuhkan surat keterangan tanda penduduk yang fungsinya sama dengan KTP asli.

“Jika masyarakat membutuhkan KTP secepatnya untuk mengurus keperluannya, kami anjurkan untuk membuat surat keterangan, agar pengurusan apapun dapat diterima, karena surat ini sama saja dengan KTP,” ujarnya.

Burhan mengungkapkan bahwa kendala Disdukcapil Palu saat ini telah disampaikan kepada masyarakat.


Editor : M Yusuf BJ

Kirim Komentar Anda
Budayakan beri komentar terkait artikel yang ditayangkan. Komentar adalah tanggapan pribadi sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim, tidak mewakili kebijakan redaksi METROSULAWESI dot com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus komentar sesuai dengan Pedoman Komunitas.