Friday, 22 June, 2018 - 13:19

Pendaftar Mudik Gratis Membludak

I Made Sudita. (Foto: Ist)

Palu, Metrosulawesi.com - Masyarakat Sulawesi Tengah tampaknya tak mau menyia-nyiakan program mudik gratis Hari Raya Idul Fitri 1439 H yang dibuka Pemprov Sulteng melalui Dinas Perhubungan (Dishub). Hal tersebut terbukti saat hari pertama pembukaan pendaftaran mudik gratis, jumlah pendaftar langsung membludak.

“Pendaftaran kami buka mulai tanggal 24 Mei kemarin dengan jumlah pendaftar sebanyak 90 orang,” ungkap Kepala Seksi Prasarana dan Perkeretaapian Dishub Sulteng I Made Sudita, Jumat, 25 Mei 2018.

Dia mengatakan melihat antusiasme masyarakat pihaknya membatasi sesuai jumlah kuota yang ditetapkan. Sebelumnya Sudita mengungkapkan total kuota untuk layanan mudik gratis kali ini sebanyak 350 orang pemudik.

Dishub Sulteng menyiapkan 44 armada bus/mini bus dengan tujuan mudik gratis yaitu Palu-Morowali, Palu-Morowali Utara, Palu-Tojo Unauna, Palu-Poso, Palu-Tolitoli, Palu-Buol dan Palu-Luwuk Banggai.

“Mudik gratis salah satu bentuk kepedulian kepada masyarakat dan demi mengurangi angka kecelakaan serta kemacetan jalan raya selama masa Lebaran 2018,” ujar Sudita.

Sudita menuturkan, program mudik gratis diprioritaskan bagi mahasiswa dan pelajar yang ingin pulang ke kampung halaman. Selain itu, juga kepada masyarakat dengan status ekonomi lemah di daerah ini. Bagi mahasiswa dan pelajar yang mendaftarkan diri harus menunjukkan kartu tanda mahasiswa/pelajar. Untuk masyarakat selain mahasiswa dan pelajar, membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP).

“Sasaran mudik gratis sama seperti tahun lalu yaitu pelajar/mahasiswa dan masyarakat ekonomi lemah,” tuturnya.

Pendaftaran mudik gratis akan ditutup pada 6 Juni 2018. Adapun untuk pemberangkatan direncanakan pada 7 Juni mendatang. Sebelum pemberangkatan, Dishub bersama Perusahaan otobis (PO) akan memastikan armada yang digunakan laik jalan atau dalam kondisi baik. Olehnya, Sudita mengimbau agar masyarakat memanfaatkan mudik gratis yang kembali dibuka tahun ini.

“Pelepasan pada 7 Juni, rencananya akan dilakukan oleh bapak gubernur di jalan Sam Ratulangi Palu, tepatnya di depan Kantor Gubernur Sulteng,” tandas Sudita.


Editor: M Yusuf Bj