Thursday, 20 September, 2018 - 03:13

Pendaftaran Bacaleg Dibuka 14 Hari

Marwan P Angku saat memimpin Rapat Koordinasi Peningkatan Program Partisipasi Masyarakat untuk Pemilu 2019 Berbasis Data Pemilih di Kantor Walikota Palu beberapa waktu lalu. (Foto: M Yusuf Bj/ Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.com - Pendaftaran Bakal calon legislatif (Caleg) resmi dimulai pada 4 Juli kemarin. Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palu Marwan P Angku mengatakan pendaftaran itu dibuka selama 14 hari, tepatnya berakhir pada 17 Juli.

“Kami membuka pendaftaran bakal calon anggota DPRD Palu selama 14 hari dimulai pukul 08.00 Wita,” ujar Marwan di Palu, Selasa, 3 Juli 2018.

Dia menerangkan setelah menerima berkas pendaftaran dari para Bacaleg, pihaknya akan melakukan verifikasi kelengkapan dokumen sebagaimana yang dipersayaratkan. Apabila ada dokumen Bacaleg yang belum lengkap atau belum memenuhi syarat akan disampaikan kepada partai tempat Bacaleg bernaung.

“Jadi kalau ada syarat yang belum terpenuhi akan kami sampaikan kepada partai-partainya,” ucap Marwan.

Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi para Bacaleg sebagaimana diatur dalam Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu. Dari beberapa syarat yang diatur didalamnya diantaranya Bacaleg harus melampirkan surat keterangan sehat jasmani/rohani dan bebas dari narkoba.

Marwan mengungkapkan untuk pengumuman daftar calon sementara akan dikeluarkan pada September mendatang. Setelahnya akan diikuti penetapan daftar calon tetap yang akan bertarung di Pileg 2019 mendatang. 

Dengan dibukanya pendaftaran selama 14 hari, KPU Palu mengimbau agar partai peserta Pemilu memanfaatkannya untuk mendaftarkan kader-kader terbaiknya. Marwan menuturkan KPU tidak bisa mengatur partai untuk mendaftar pada tanggal tertentu dalam kurun 14 hari itu.

“Terserah partai mau daftar tanggal berapa dalam kurun 14 hari itu, kami akan menunggu. Yang pasti jangan sampai lewat dari kurun 14 hari itu karena KPU tidak akan menerima lagi,” tandas Marwan. 

 

Editor: M Yusuf Bj