Sunday, 22 July, 2018 - 09:27

Pendaftaran SNMPTN di SMAN 1 Palu Telah Rampung

Zulfikar Is Paudi. (Foto: Moh fadel/ Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.com - Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) di SMA Negeri 1 Palu telah rampung.

"Kemarin kami sudah daftarkan siswa  dengan sebanyak mungkin, karena yang menyeleksi adalah Perguruan Tinggi. Kemudian juga, sekolah kami telah terakreditasi A, sehingga tidak semua siswa kami bisa lulus, karena kami diberikan jatah 50 persen," kata Kepala SMA Negeri 1 Palu Zulfikar Is Paudi, di ruang kerjanya, Senin, 5 Maret 2018.

Itupun, kata Zulfikar, para siswanya pasti sudah mengetahui siapa saja yang lulus dalam seleksi perguruan tinggi tersebut.

"Olehya itu, kami mendorong semua siswa kelas III sekitar 500 orang, tetapi yang lulus kemungkinan hanya 200 orang," tuturnya.

Zulfikar mengatakan 200 siswa itu telah memegang pasword, dan para siswa ini telah mengisi data dan jurusan yang mereka pilih sendiri.

"Kami berharap mereka bisa memilih jurusan yang mereka inginkan, sebab biasa jurusan yang terbanyak dipilih siswa, itu agak ketat kompetisinya, termasuk di perguruan tinggi yang besar. Olehnya itu, kami berharap, para siswa memilih jurusan yang terbaik untuk dirinya," ujarnya.

Zulfikar mengatakan, pendaftaran SNMPTN di SMAN 1 Palu dari tahun ke tahun tdk ada perubahan, meskipun permintaan siswa sedikit menurun.

"Walaupun siswa kami tidak lulus di SNMPTN ini, tetapi masih ada jalur lain yang mereka bisa ikuti," katanya.

Zulfikar mengaku siswanya paling suka atau lebih dominan mendaftar di bidang sains, misalnya Kedokteran, Teknik, Ekonomi dan Hukum.

"Hasil dari SNMPTN kami belum ketahui berapa siswa yang lulus," tambahnya.

Seperti diketahui bahwa penutupan pendaftaran SNMPTN dijadwalkan berakhir Selasa, 6 Maret 2018.


Editor: M Yusuf Bj