Monday, 23 July, 2018 - 06:15

Pendistribusian Naskah UNKP Dipercepat

Chwarismy Shindy. (Foto: Moh Fadel/ Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.com - Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulawesi Tengah, Chwarismy Shindy mengungkapkan pihaknya  mempercepat pendistribusian naskah soal Ujian Nasional berbasis Kertas dan Pensil (UNKP).

“Pendistribusian naskah soal UNKP telah kami lakukan sejak kemarin sore, naskah yang didistribusikan terdiri dari soal UN Paket C, soal UN Sekolah Luar Biasa (SLB) dan dua Sekolah Menengah Teologi Kristen (SMTK) yang berada di Kabupaten Banggai Kepulauan,” jelas Shindy di ruang kerjanya, Rabu, 4 April 2018.

Shindy mengatakan pendistribusian itu ditujukan pada kabupaten/kota di Sulteng, salah satunya adalah Kabupaten Banggai Kepulauan dan Morowali.

Dia berharap, soal yang didistribusikan bisa berjalan lancar. Dia pun berharap dokumen negara tersebut tidak berlama-lama di Kantor Disdikbud Sulteng.

“Olehnya, belum lama ini saya perintahkan agar segera didistribusikan, mengingat jangkauan daerah cukup jauh,” ujarnya.

Kata dia, naskah UNKP ini dikawal oleh sejumlah staf Dikbud Sulteng serta didampingi oleh pihak Kepolisian.

“Kami juga melihat cuaca, maka dari itu saya percepat, agar pada saat pelaksanaan UNKP nantinya, dokumen negara itu sudah berada di lokasi, jangan sampai terhambat karena cuaca. Olehnya saya langsung meminta lebih cepat didistribusikan, dari pada kami menunggu waktu pendistribusian,” katanya.

Shindy menegaskan percepatan distribusi naskah UNKP tersebut mengantisipasi agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

“Karena pendistribusian naskah ini lewat darat dan laut. Olehnya kami sangat mempertimbangkan keselamatan dari teman-teman yang mengantar naskah tersebut,” katanya.

“Setelah didistribusikan di daerah jauh, hari ini (kemarin-red) kami akan distribusikan naskah UNKP di Kota Palu dan Donggala, yang jelas saya menginginkan gudang penempatan soal sudah bersih,” ungkapnya.

Selain itu, kata Shindy, pada pekan depan, dokumen UNKP jenjang SMP/MTS dari percetakan Surabaya akan dikirim ke Sulteng melalui jalur laut.

"Untuk jumlah naskah UNKP SMP kurang lebih sebanyak 600 koli (karung),” ujarnya.

“Kami berharap kedepanya semua sekolah sudah UNBK, tidak lagi UNKP, sehingga naskah sudah tidak ada lagi dimanfaatkan oleh orang-orang yang tidak bertangungjawab. Maka dari itu tahun ini kami jaga betul dokumen tersebut, agar tidak dimanfaatkan orang lain yang mungkin melakukan hal-hal yang tidak diinginkan, seperti menggandakan naskah dan lain sebagainya,” katanya. 
 

Editor: M Yusuf Bj