Tuesday, 17 January, 2017 - 06:11

Penerimaan CPNS 2017, Guru dan Tenaga Medis di Sigi Lega

Kepala BKD Sigi, Syahriar Chalik. (Foto : Dok Metrosulawesi)

Sigi, Metrosulawesi.com - Para guru honorer dan tenaga kesehatan kini bisa bernafas lega.  Pasalnya, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia (Kemenpan RB) akan membuka penerimaan CPNS dan PNS pada tahun 2017. Penerimaan ini nantinya akan memberikan ruang kepada para guru dan tenaga kesehatan (non PNS) untuk bisa menjadi PNS. 

Hal ini diutarakan oleh Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sigi Syahriar Chalik belum lama ini.

"Iya tahun depan menurut pak Menteri, kita tinggal menunggu saja," kata Syahriar Chalik mengutip pengakuan Menteri PAN RB Asman Abnur pada salah kegiatan yang menghadirkan seluruh Bupati dan walikota di Bekasi, belum lama ini. 

Syahriar yang hadir dalam kegiatan tersebut mengaku, bahwa saat ini Kemenpan RB tengah menghitung jumlah kebutuhan PNS di seluruh Indonesia, termasuk jumlah PNS yang pensiun. Pihak Pemkab Sigi kata dia mengaku bersyukur atas adanya peluang bagi tenaga teknis seperti Guru dan tenaga kesehatan yang berpeluang untuk jadi PNS. 

"Kami sangat bersyukur dan tinggal menunggu arahan lanjutannya di tahun 2017," tambahnya. 

Dia melanjutkan, pengangkatan guru dan tenaga kesehatan menjadi PNS ditahun 2017 ini berdasarkan analisa Kemenpan RB. Dalam analisanya, di Indonesia 65 persen PNS berstatus tenaga administratif sementara sisanya berstatus tenaga teknis. 

Di satu sisi, kebutuhan akan PNS yang berstatus tenaga teknis seperti tenaga kesehatan dan guru sangat dibutuhkan di seluruh daerah. Namun meski seperti itu,  bukan berarti tidak ada penerimaan CPNS untuk tenaga administratif ditahun 2017.

"Kemenpan masih menghitung, Pemda menunggu arahan berikutnya," tutup Syahriar.


Editor : Subandi Arya

Kirim Komentar Anda
Budayakan beri komentar terkait artikel yang ditayangkan. Komentar adalah tanggapan pribadi sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim, tidak mewakili kebijakan redaksi METROSULAWESI dot com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus komentar sesuai dengan Pedoman Komunitas.

Bintang Delapan