Saturday, 19 August, 2017 - 00:28

Pengamat: DPRD Palu Kurang Produktif

Gedung DPRD Palu. (Foto : Dok Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.com - Pengamat Sosial Kota Palu Adrian menilai kinerja DPRD Palu dalam melahirkan perda insiatif yang langsung bersentuhan dengan masyarakat minim dilakukan. Kata dia, memasuki 2,5 tahun para legislator sebagai wakil masyarakat, kinerjanya kurang terlihat.

“Hanya tiga perda inisiatif yang dihasilkan DPRD Kota Palu dalam kurun waktu hampir 2,5 tahun, yaitu Perda Arsip dan Perda Perpustakaan di tahun 2015 dan Perda CSR pada tahun 2016. Lalu hasil kunjugan kerja DPRD Kota Palu selama ini, apa implementasinya?,” kata Adrian di Palu belum lama ini.

Menurutnya, peran DPRD sebagai lembaga aspirasi masyarakat harus mampu menciptakan produk kebijakan publik inisiatif yang baik.

“Tentu Perda inisiatif yang dihasilkan mampu mengakomodir seluruh kepentingan lapisan masyarakat,” ungkapnya.

Di tempat berbeda, hal senada diungkapkan Beni warga Kota Palu.

“Ada hasil reses, dan hasil kunjugan kerja. Seharusnya ini dapat dijadikan bahan bagi DPRD Kota Palu dalam meramu produk perda inisiatif bagi masyarakat, dengan tujuan implementasi aspirasi masyarakat,” jelasnya.

“Baperda jangan hanya dijadikan sebagai pembahas raperda oleh eksekutif. Namun, harus bisa jadi penginisiatif perda-perda berkualitas dan bermanfaat bagi masyarakat Kota Palu,” tambahnya.

Selain itu, raperda yang langsung bersentuhan dengan masyarakat harus segera diselesaikan.

“Sebuah Perda tidak hanya berfungsi mengatur masyarakat namun, perda juga bermanfaat memberikan perlindungan terhadap hak-hak rakyat. Untuk itu, dalam proses penyusunan Perda harus ada partisipasi masyarakat” jelasnya.

Menurutnya, dengan menghasilkan banyak Perda inisiatif, membuktikan DPRD melakukan tugas dan fungsinya secara maksimal sesuai dengan amanat rakyat.

“Karena penyusunan sebuah perda inisiatif berkaitan erat dengan kemampuan melaksanakan peran anggota dewan sebagai legislator. Selain itu, Diterapkanya, UU no.32 tahun 2004. Harusnya bisa dibarengi dengan peningkatan kualitas maupun kuantitas Perda inisiatif anggota DPRD Kota Palu,” pungkasnya.


Editor : M Yusuf BJ

Tags: 
Kirim Komentar Anda
Budayakan beri komentar terkait artikel yang ditayangkan. Komentar adalah tanggapan pribadi sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim, tidak mewakili kebijakan redaksi METROSULAWESI dot com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus komentar sesuai dengan Pedoman Komunitas.