Saturday, 26 May, 2018 - 01:13

Penggelolaan e-Journal Diharap Tingkatkan Kualitas Dosen Unismuh Palu

SAMBUTAN - Rektor Unismuh Palu, Dr Rajindra, saat memberikan sambutan sekaligus membuka kegiatan Workshop Pengelolaan e-Journal, Jumat, 15 Desember 2017. (Foto : Ist)

Palu, Metrosulawesi.com - Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Palu menggelar Workshop Pengelolaan e-Journal Submission Manuskrip Berbasis OJS (Open Journal Sistem), Standarisasi dan Indeksisasi Menuju Akreditasi Nasional selama dua hari, Jumat-Sabtu, 15-16  Desember 2017.

Kegiatan tersebut, sebagai salah satu upaya Unismuh Palu meningkatkan kualitas dosen. Salah satu yang paling penting bagi peningkatan kualitas dosen adalah publikasi karya ilmiah di jurnal utamanya, jurnal elektronik.

Rektor Unismuh Palu, Dr H Rajindra SE MM saat membuka kegiatan tersebut mengharapkan agar para peserta yang terdiri dari pengelola jurnal di setiap fakultas dan beberapa dosen lainnya, untuk mengikuti kegiatan itu dengan sungguh-sungguh.
 
“Kegiatan workshop jurnal elektronik ini menjadi sangat penting bagi masa depan Unismuh Palu secara kelembagaan, termasuk bagi dosen dan mahasiswa,” jelasnya.

Untuk itu, Rajindra meminta seluruh elemen di Unismuh Palu, baik di fakultas maupun tingkat universitas, mendukung sepenuhnya kegiatan tersebut.

“Jika ingin kita maju dan berkemajuan, maka mari kita bersama-sama menyukseskan kegiatan ini. Seluruh peserta yang telah ditentukan agar mengikuti seluruh rangkaian kegiatan,” imbuhnya.

Sementara Ketua Panitia yang juga Ketua Pengelola Jurnal Unismuh Palu, Ahmad Yani SKM MKes saat dihubungi media ini mengatakan salah satu poin penting dalam menjalankan fungsi Tridharma Perguruan Tinggi oleh dosen adalah melaksanakan penelitian dan mempublikasikan hasil pemikiran serta analisisnya tersebut melalui jurnal.

“Makanya Workshop Pengelolaan e-Journal digelar untuk mewadahi publikasi hasil-hasil penelitian. Jurnal digital (e-journal) melalui Open Journal System (OJS) menjadi sarana yang sangat baik untuk mempublikasikan hasil penelitian pada lingkup yang lebih luas,” jelas Ahmad.

Dia mengharapkan, kegiatan itu dapat meningkatkan reputasi yang baik untuk referensi para penulis dalam pengembangan ilmu pengetahuan.

“Karya ilmiah Dosen akan meningkat apabila dapat terindeks, paling tidak di Google Scholar. Publikasi yang berkualitas dan terindeks mempengaruhi reputasi dan visibilitas perguruan tinggi, dimana Dosen tersebut berada,” jelasnya.

Kata dia, pemerintah telah menerapkan kebijakan, bahwa sejak April 2016, akreditasi jurnal dilakukan secara online melalui sistem Arjuna. Saat ini  masih banyak pengelola jurnal yang belum familiar terhadap pengelolaan jurnal elektronik, khususnya di Unismuh Palu.

“Padahal kebijakan ini perlu respons dan semangat dari perguruan tinggi dan pengelola jurnal untuk segera bertransformasi pengelolaan jurnalnya, dari yang dikelola secara manual atau cetak, menuju pengelolaan jurnal secara elektronik,” ungkapnya.

Pada kegiatan ini, Unismuh Palu mendatangkan narasumber dari Universitas Hasanuddin, Muhammad Arsyad PhD selaku Publication Management Center, PMC Unhas dan Suherman SP MP selaku Managing Editor Jurnal Galung Tropika. Kurang lebih 50 peserta mengikuti kegiatan ini.


Editor : M Yusuf Bj