Friday, 21 September, 2018 - 10:04

Penuhi Permintaan Pasar, TBBM Donggala Tambah Fasilitas Supply Point Pertamax Turbo

Manager Supply and Distribution MOR VII Muhammad Hariyansyah, dan SPV Receiving Storage and Distribution TBBM Donggala Kaliman Masrani, saat pemecahan kendi tanda penyaluran perdana Pertamax Turbo, di TBBM Donggala, di Desa Loli Oge, Kecamatan Banawa, Donggala, dengan Selasa, 20 Februari 2018.(Foto: Eddy/ Metrosulawesi)

Donggala, Metrosulawesi.com – Seiring meningkatnya penjualan tersebut, Marketing Operation Region (MOR) VII Pertamina melalui Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Donggala, menambah fasilitas supply point Pertamax Turbo dengan kapasitas 60 kilo liter (KL), untuk melayani kebutuhan BBM berkualitas tinggi tersebut, di wilayah Sulawesi Tengah.

Hal ini diungkapkan Manejer Supply dan Distributor MOR VII M. Haryansyah, kepada sejumlah awak media usai kegiatan penyaluran perdana Pertamax Turbo, yang di tandai derngan pemecahan kendi oleh Manager Supply and Distribution MOR VII Muhammad Hariyansyah, dan SPV Receiving Storage and Distribution TBBM Donggala Kaliman Masrani, di TBBM Donggala, di Desa Loli Oge, Kecamatan Banawa, Donggala, Selasa, 20 Februari 2018.

“Hari ini ada 16 kilo liter (KL) yang dilepas perdana dari TBBM Donggala, dan dengan animo masyarakat Sulteng yang sangat tinggi, PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region VII, akhirnya membangun supply point Pertamax Turbo dengan kapasitas 2 x 30 kilo liter (KL) untuk tahap awal. Unit tersebut melayani Enam SPBU yakni SPBU jalan M. Yamin di Palu, SPBU jalan Boyaoge di Palu, SPBU jalan cumi-cumi di Palu, SPBU jalan Yos Sudarso di Palu, SPBU jalan Lintas Sulawesi di Tawaeli Palu dan SPBU jalan Mensung di Parigi,” ungkapnya.

Hariyansyah berharap dengan tersedianya supply point Pertamax Turbo di TBBM Donggala, dapat memastikan ketersediaan pasokan Pertamax Turbo diseluruh SPBU wilayah Sulteng, serta dapat menambah sebaran outlet SPBU yang menjual produk tersebut.

“Saat ini Pertamax Turbo telah dipasarkan di Kota Palu dengan harga Rp. 10.800,- / liter,” tambahnya.

Hariyansyah juga mengatakana bahwa, rencananya mulai bulan Maret 2018, Pertamina akan terus menambah SPBU yang menjual produk Pertamax Turbo di Kota Palu dan wilayah Sulawesi Tengah lainnya.

“Kami harap Pertamax Turbo akan terus mendapat respon positif di Sulawesi Tengah dan provinsi lainnya, karena sesuai komitmen kami yaitu menyediakan produk-produk BBM yang berkualitas bagi masyarakat,” harapnya.

Sementara itu, Sales Exsecutiv Retail V TBBM Donggala, Fandi Ivan Nugroho menjelaskan sebagai bagian dari Pertamax Series merupakan bahan bakar dengan kualitas tertinggi dari Pertamina, hasil pengembangan produk Pertamax Plus yang memiliki Research Octane Number (RON) 98, serta dilengkapi Ignition Boost Formula (IBF). IBF adalah formula bahan bakar yang meningkatkan respon terhadap kebutuhan pembakaran sehingga menghasilkan performa yang lebih tinggi.

"Pertamax Turbo hadir untuk menjawab kebutuhan konsumen kelas atas yang memiliki kendaraan kelas supercar dan berteknologi tinggi. Spesifikasi kendaraan pengguna Pertamax Turbo adalah kendaraan yang berteknologi supercharger dan turbocharger dengan rasio kompresi kendaraan berkisar 12:1 hingga 13:1 dengan sistem injeksi, oleh karena itu tidak heran jika Pertamax Turbo mengusung tagline Perfection in Performance Pertamax Turbo juga telah menjadi official partner kendaraan Lamborghini dan pernah digunakan dalam kejuaraan Lamborghini Blancpain Supertrofeo Series di Eropa, serta di empat balapan lainnya yakni di Monza-Italia, Silverstone UK, Paul Richard-Perancis, dan Spa Francorchamps-Belgia " ungkapnya.

Fandi mengungkapkan tahun 2018, target yang menjual Pertamax Turbo sebanyak 10 SPBU dengan penjualan 2 hingga 2,5 KL per hari. Sementara di tahun 2017 lalu, penjualan berkisar pada 1,5 KL per hari.

“Belum ada rencana penambahan supply point di tahun 2018, namun yang ditambah adalah supply change atau frekuensi pengiriman dari TBBM Makassar ke TBBM Donggala,” tutup Fandi.

Pertamax Turbo sejak pertama kali diluncurkan pada Maret 2017, di wilayah Sulawesi Tengah telah mendapatkan sambutan yang positif dari konsumen, ini terbukti dengan meningkatnya penjualan Pertamax Turbo di Sulawesi Tengah yang menduduki peringkat pertama selama tahun 2017  di seluruh Sulawesi, dengan memberikan kontribusi pangsa pasar sebesar 43% atau 536 KL.