Sunday, 17 December, 2017 - 14:14

Penyusunan Laporan Keuangan Operasional Haji 2017: Pelayanan Haji Tahun Ini Meningkat

PERTEMUAN - Kakanwil Kemenag Sulteng Abdullah Latopada saat membuka kegiatan Penyusunan Laporan Keuangan Haji Sulteng 2017 di Swiss-Bel Hotel Silae Palu, Kamis, 2 November 2017. (Foto : Moh Fadel/ Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.com - Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah menggelar Penyusunan Laporan Keuangan Operasional Haji 2017 untuk menghadapi evaluasi yang akan dilaksanakan secara nasional, Senin pekan depan.

Kegiatan ini melibatkan 30 pengelola keuangan haji se kabupaten kota Provinsi Sulteng di Swiss-Bell Hotel Silae Palu selama tiga, 2-4 November 2017.

Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenag Sulteng, H Abdullah Latopada mengatakan berdasarkan survey Badan Pusat Statistik (BPS) kegiatan haji tahun ini mengalami peningkatan dalam kepuasan masyarakat dengan penilaian 88,23 persen, kemudian dalam pelayanan mendapat nilai 75,55 persen.

“Ini suatu angka yang luar biasa, karena dari instansi lain yang melakukan survey pada kinerja kita secara nasional. Angka ini yang membuat kita harus mengucapkan terima kasih karena hasil yang kita capai tidak lepas juga dari partisipasi pengelolah haji yang ada di  kabupaten kota di Sulteng,” katanya.

Latopada mengatakan penilaian yang merupakan indeks kepuasan dari pelayanan itu harus masuk di dalam Laporan Kuangan Operasional Haji 2017.

“Jangan hanya pelayanan yang diberikan maksimal kepada masyarakat, tetapi laporan keuangan pelaksanaan haji juga harus maksimal,” jelasnya.

“Ini sangat penting, karena kalian mempertangungjawabkan dana masyarakat. Tanggal 5 nanti ada evaluasi haji secara nasional, termasuk dalam penggunaan dana ini yang akan di laporkan ke Jakarta. Oleh sebab itu, hari ini kami meminta pengelola haji dari daerah-daerah, sejauhmana dana yang kami berikan itu dilaporkan berdasarkan aturan yang berlaku,” kata Abdullah.

Dia berharap setelah pelaksanaan kegiatan sukses, maka pertanggungjawaban pengelola keuangan juga harus sukses.

“Maka dari itulah dalam pelaporan pelaksanaan haji ini betul-betul sesuai pemakaian dan aturan yang berlaku,” ujarnya.

Abdullah menjelaskan pelayanan haji, khususnya para petugas haji diakui para jamaah sangat baik saat mendampingi jamaah di Arab Saudi.

Oleh karena itu, kata Abdullah, tahun ini pelayanan haji kepada masyarakat meningkat, dan hal ini harus dipertahankan.

“Harus terus dievaluasi dengan baik agar kedepanya pelayanan haji di Sulteng terus meningkat,” katanya.

Acara ini dihadiri sejumlah penjabat lingkup Kemenag Sulteng diantaranya Kepala Bidang Penyelengara Haji dan Umrah Gasim Yamani, Kepala Seksi Sistem Informasi Haji dan Umrah, serta beberapa pejabat lainnya.   


Editor : M Yusuf Bj

Kirim Komentar Anda
Budayakan beri komentar terkait artikel yang ditayangkan. Komentar adalah tanggapan pribadi sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim, tidak mewakili kebijakan redaksi METROSULAWESI dot com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus komentar sesuai dengan Pedoman Komunitas.