Thursday, 29 June, 2017 - 08:15

Perbankan Diminta Fokus Tingkatkan UMKM di Palu

Hidayat, MSi. (Foto : M Yusuf BJ/ Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.com - Wali Kota Palu Hidayat, M.Si mengimbau agar lembaga perbankan untuk terlibat aktif dalam pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang berada di Kota Palu. Lembaga perbankan jangan hanya fokus menarik investasi dari luar daerah.

“Saya ingin seperti itu agar pengusaha-pengusaha lokal ini, atau UMKM di Palu, dapat berkembang dan meningkat usahanya. Karena kalau lembaga perbankan hanya fokus menarik investasi dari luar, uang yang diinvestasikan itu, ibaratnya hanya lewat saja,” kata Hidayat saat rapat koordinasi dengan sponsorship Gerakan Gali Gasa, Jumat, 3 Maret 2017.

Hidayat mengungkapkan jika lembaga perbankan hanya fokus menggali investasi dari luar, maka efeknya akan berpengaruh pada keuangan Pemkot Palu.

“Karena akhirnya, uang pemerintah yang akan banyak digunakan oleh lembaga perbankan tersebut,” katanya. 

“Lembaga perbankan harus berupaya untuk mendorong UMKM di Kota Palu agar lebih berkembang dan meningkat usaha, sehingga gerak ekonomi di Kota Palu akan berjalan baik,” tambahnya.

Hidayat juga meminta kepada Asisten II Pemkot Palu untuk mendorong perkembangan UMKM di Kota Palu.

“Karena ini merupakan bidangnya, yaitu menyehatkan perekonomian Kota Palu. Asisten II harus berkoordinasi dengan lembaga perbankan terkait hal itu. Lembaga perbankan harus diberdayakan untuk membangun UMKM di Kota Palu,” katanya.

“Saya yakin, jika investor membangun di Palu, maka hasilnya akan dibawah keluar daerah. Jika demikian, kinerja lembaga perbankan juga tidak akan maksimal,” tambahnya.

Kata dia, pihaknya telah berdiskusi dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terkait hal itu.

“Kami berdiskusi, agar pengusaha-pengusaha lokal di dorong oleh lembaga-lembaga perbankan untuk bisa maju dan berkembang. Jika pengusaha lokal berkembang, maka sudah pasti, dananya akan disimpan di Kota Palu,” katanya.

Hidayat mengatakan hingga saat ini, pihak perbankan hanya mencari mudah saja, yaitu merebut atau mengelola dana pemerintah saja.

“Jadi selama ini lembaga perbankan di Kota Palu, hanya dana pemerintah diperebutkan. Sementara upaya untuk mendorong eknomi di Kota palu tidak ada,” tegasnya.

“Mumpung saat ini saya bertemu dengan pihak perbankan. Sampaikan kepada pimpinan kalian, mari kita bersama-sama mendorong ekonomi atau pengusaha lokal, agar dananya tidak keluar, tapi menetap di Kota Palu,” kata Hidayat.

Kirim Komentar Anda
Budayakan beri komentar terkait artikel yang ditayangkan. Komentar adalah tanggapan pribadi sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim, tidak mewakili kebijakan redaksi METROSULAWESI dot com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus komentar sesuai dengan Pedoman Komunitas.