Thursday, 20 September, 2018 - 20:55

Pergantian Sekkot Kewenangan Pemerintah Provinsi

Muhammad Iqbal Andi Magga saat memimpin pembukaan masa sidang caturwulan I. (Foto : Dok Metrosulawesi)

Jabatan Aminuddin Atjo Berakhir Maret

Palu, Metrosulawesi.com –  Ketua DPRD Kota Palu, Muhammad Iqbal Andi Magga mengungkapkan pada 1 Maret 2016 jabatan Sekretaris Kota (Sekkot) Palu akan berakhir. Pergantian Sekkot yang sekarang dijabat oleh Aminuddin Atjo merupakan kewenangan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tengah.

“Pergantian tersebut dilakukan karena masa jabatan Sekretaris Kota Palu Aminudin Atjo akan berakhir 1 Maret 2016. Namun kewenangan pergantian Sekkot sendiri berada di Pemerintah Provinsi (Pemprov), sehingga kota hanya menunggu. Karena jabatan sekkot, merupakan pejabat eselon IIA yang doimainnya berada di provinsi,” jelasnya di Gedung DPRD Palu, Selasa (9/1/2016).

Iqbal mengatakan mekanisme pergantian Sekkot akan dilaksanakan melalui seleksi Aparatur Sipil Negara (ASN) Provinsi.

“Karena itu hingga saat ini kami belum mengetahui siapa pengganti Aminuddin Atjo sebagai Sekkot Palu,” katanya.

“Pergantian Sekkot kemungkinan besar akan melalui seleksi Komisi ASN Provinsi. Kami sendiri belum bisa memastikan, apakah dalam pergantian tersebut DPRD masih memberikan rekomandasi atau tidak. Karena tahun 2016, dalam melakukan pergantian, pemerintah menggunakan regulasi ASN. Jika digunakan regulasi lama, DPRD Kota Palu yang memberikan rekomendasi nama. Tetapi hasil informasi yang saya dapat, kemungkinan hanya melalui seleksi ASN saja,” katanya.

Kata dia, Komisi ASN harus juga mempertimbangkan kebutuhan pemerintah kota dalam menentukan pejabatnya.

“Sehingga penting mendengar pendapat Walikota dan DPRD. Karena Sekkot merupakan penghubung antara keduanya. Biar bagaimana kan jabatan Sekkot ini berhubungan dengan Pemerintah Kota Palu,” pungkasnya.


Editor : M Yusuf BJ