Tuesday, 21 November, 2017 - 07:11

Peringatan Bulan Bahasa dan Sumpah Pemuda, SMAN 2 Palu Tampilkan Ragam Tari

Para siswa jurusan bahasa SMAN 2 Palu. (Foto : Moh Fadel/ Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.com - SMA Negeri (SMAN) 2 Palu memperingati Bulan Bahasa, sekaligus hari Sumpah Pemuda, Sabtu, 28 Oktober 2017. Ragam tari ditampilkan dalam kegiatan ini, diantaranya tari asal negara Jerman, tari tradisi Sulawesi Selatan dan Sulawesi Tengah, serta  penampilan teater drama.

Pantauan Metrosulawesi, keseruan dan antusias tampak saat siswa melihat penampilan tarian Jerman yang dibawakan siswa kelas bahasa di lapangan SMAN 2 Palu.

Guru Bahasa Jerman SMAN 2 Palu Syamsuri S.Pd mengatakan SMAN 2 Palu mempunyai tiga jurusan bahasa yakni bahasa Inggris, Jerman dan Indonesia.
“Maka penampilan tarian sesuai bahasa yang diajarkan,” katanya.

“Siswa yang pentas saat ini merupakan siswa kelas bahasa atau Ilmu Bahasa dan Budaya (IBBU), kami berharap para siswa sadar arti pentingnya bahasa, karena biasanya, bahasa ini tidak anggap penting. Namun sebenarnya bahasa itu adalah sebuah hal yang jauh lebih penting dipelajari,” ujarnya.

Syamsuri mengatakan tujuan dari kegiatan ini juga melatih kreativitas siswa dalam berkesenian dan berkarya.

Disisi lain, kata Syamsuri, pementasan ini akan mengolah rasa percaya diri siswa dan kekompakan dalam mempersiapkan sebuah kegiatan.

“Bukan hanya bulan bahasa, pesan dari Sumpah Pemuda dalam kegiatan ini adalah pemuda harus mengisi kemerdekaan dengan berkarya, belajar dengan baik serta menjadi pemuda lebih baik lagi dalam menjaga NKRI,” katanya.
 
Syamsuri mengungkapkan kegiatan tersebut adalah kolaborasi dari para guru bahasa, menciptakan sebuah kegiatan dalam memperingati Bulan Bahasa dan hari Sumpah Pemuda.

“Kegiatan ini pertama kalinya dilaksanakan, sehingga persiapan tidak terlalu banyak. Namun kedepannya, kami akan lebih mengevaluasi dengan membuat kegiatan yang lebih besar lagi,” tambahnya.


Editor : M Yusuf Bj

Kirim Komentar Anda
Budayakan beri komentar terkait artikel yang ditayangkan. Komentar adalah tanggapan pribadi sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim, tidak mewakili kebijakan redaksi METROSULAWESI dot com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus komentar sesuai dengan Pedoman Komunitas.