Sunday, 25 February, 2018 - 00:05

Perluas Kepesertaan, BPJSTK Palu Gandeng Perisai

BEKERJA SAMA - Penandatanganan MoU Perisai oleh Kepala Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Muhyiddin Dj (kedua dari kiri) dengan Agen Perisai di Palu, Kamis 14 Desember 2017. (Foto : Dok BPJSTK)

Palu, Metrosulawesi.com - Untuk memperluas cakupan kepesertaan jaminan sosial ketenagakerjaan di Provinsi Sulawesi Tengah, Kantor Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJSTK) Cabang Palu melakukan perjanjian kerja sama (PKS) dengan kantor Penggerak Jaminan Sosial Indonesia (Perisai) beserta para agennya yang ditandatangani pada Kamis 14 Desember 2017.

Perisai sendiri merupakan salah satu inovasi sosial yang dilakukan oleh BPJS Ketenagakerjaan yang merupakan adaptasi pengelolaan sistem jaminan sosial "Jimikumiai" dan "Sharoushi” yang telah dijalankan di Jepang. Dimana Perisai ini nantinya memiliki agen-agen yang akan menjadi kepanjangan tangan guna melakukan kegiatan interaksi, sosialisasi dan akuisisi kepesertaan dari Program-program yang diselenggarakan BPJS Ketenagakerjaan.

Menurut Kepala Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Muhyiddin Dj, pelaksanaan perekrutan agen-agen Perisai tersebut sebelumnya telah diberikan pelatihan dan sertifikasi terkait pengetahuan terhadap program jaminan sosial ketenagakerjaan, Hal ini dilakukan guna memastikan bahwa proses akuisisi perluasan kepesertaan berjalan sesuai dengan standard yang telah ditetapkan oleh BPJS Ketenagakerjaan. Selain itu para agen perisai ini juga mendapatkan fee dari setiap akuisisi kepesertaan yang dilakukan.

Jumlah agen Perisai yang sekarang ada di Sulawesi Tengah berjumlah 10 Orang, dipastikan akan terus bertambah. Wilayah kerja dari para agen perisai ini ada di beberapa Kota/Kabupaten di Sulawesi Tengah seperti Palu, Morowali, Banggai kepulauan, Parigi, Poso, Tojo Una-Una, Donggala, Poso, Buol dan Toli-toli.

Dengan adanya para agen Perisai ini diharapkan bisa makin memperluas cakupan kepesertaan dari BPJS Ketenagakerjaan di Sulawesi Tengah, mengingat wilayah operasional di Sulawesi Tengah yang sangat luas. Sehingga dengan adanya agen Perisai ini akan menjadi kepanjangan tangan BPJS Ketenagakerjaan guna menjangkau para tenaga kerja yang belum terlindungi program BPJS Ketenagakerjaan.

Kirim Komentar Anda
Budayakan beri komentar terkait artikel yang ditayangkan. Komentar adalah tanggapan pribadi sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim, tidak mewakili kebijakan redaksi METROSULAWESI dot com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus komentar sesuai dengan Pedoman Komunitas.