Monday, 20 August, 2018 - 11:46

Permudah Urus Buku Nikah dan Kartu Keluarga, Pelayanan Satap KUA Marawola Jadi Pilot Project

PENYERAHAN - Kakanwil Abdullah Latopada saat memberikan buku nikah kepada pasangan nikah di KUA Marawola Kabupaten Sigi, Kamis, 14 Desember 2017. (Foto : Humas Kemenag Sulteng)

Palu, Metrosulawesi.com - Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Marawola, Kabupaten Sigi menjadi pilot project Pelayanan Satu Atap (Satap) dan juga yang pertama di Provinsi Sulawesi Tengah.

Kepala Kantor Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah, H Abdullah Latopada dan Bupati Sigi, Mohammad Irwan SSos MSi telah meresmikan (launching) Pelayanan Terpadu Satu Atap tersebut di hadapan masyarakat Kecamatan Marawola, di KUA Kecamatan Marawola Kabupaten Sigi Provinsi Sulawesi Tengah, Kamis, 14 Desember 2017.

Peresmian itu ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman antara Kementerian Agama Kabupaten Sigi dan Pemerintah Kabupaten Sigi, dalam hal ini Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Sigi.

Diharapkan dengan adanya kerja sama ini dapat membantu masyarakat setempat. Pasangan yang telah menikah tidak lagi menunggu terbitnya buku nikah, maupun mengurus kartu keluarga (KK) di kantor Disdukcapil yang lokasinya berjauhan dengan KUA, namun dapat diurus pada hari itu juga.

Dalam sambutannya Kakanwil Abdullah menegaskan bahwa pelayanan yang dilakukan ini untuk melayani masyarakat.

“Bagaimana masyarakat tidak direpotkan lagi dalam pengurusan buku nikah maupun kartu keluarga” ujarnya.

Kakanwil juga mengharapkan agar wilayah Marawola dan sekitarnya, selalu dalam situasi kondusif dan mendukung jalannya pemerintahan Bupati Sigi saat ini.

Dia mengungkapan, peran KUA agar turut dalam pembangunan agama di masyarakat yang merupakan tugas utama.

“Tugas utama kita menjaga lingkungan kondusif, bagaimana taman pengajian, majelis taklim bisa aktif, juga bekerja sama dengan tokoh masyarakat untuk menciptakan sigi percontohan daerah yang aman,” ungkapnya.

Abdullah berpesan agar hal tersebut juga haruslah mendapat dukungan dari semua pihak, baik tokoh adat, tokoh masyarakat, untuk menciptakan lingkungan yang kondusif.

Menurut Kepala KUA Marawola, Lutfi Godal, Pelayanan KUA Satu Atap juga merupakan keinginan besar berbagai pihak untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat Marawola.

Dalam laporannya, Lutfi menjabarkan bahwa motivasi besarnya yakni dari arahan Kakanwil Abdullah bahwa jabatan akan berhasil jika dapat memberikan manfaat besar kepada masyarakat.

Lutfi mengatakan proses yang dilalui untuk kerjasama dengan pihak Pemerintah Kabupaten Sigi sangat mulus, berjalan baik karena dapat seiring dengan program Bupati Sigi, yakni Sigi Religi juga Sigi Masagena, dimana Pemerintah juga fokus salah satunya dalam meningkatkan pelayanan agama kepada masyarakat.

Acara ini dihadiri oleh ketua DPRD Kabupaten Sigi Rizal Intjenai, Kapolsek Marawola, Kepala Kementerian Agama Kabupaten Sigi, Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Sigi, Kepala Kecamatan Marawola, unsur Muspika, kepala desa, tokoh adat, tokoh organisasi, tokoh masyarakat, dan tokoh agama. 


Editor : Syamsu Rizal