Friday, 20 July, 2018 - 17:04

Pileg 2019, Morut Usulkan 3 Dapil

Ilustrasi. (Foto: Ist)

Morut, Metrosulawesi.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Morowali Utara (Morut) kembali mengundang seluruh pimpinan partai politik peserta calon peserta pemilu yang akan berlangsung di tahun 2019 mendatang.

Kehadiran seluruh pimpinan partai politik, tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh pemuda di Kolonodale, Selasa 16 Januari 2018 untuk menindak lanjuti pertemuan awal di bulan November 2017 soal pembicaraan komposisi Daerah Pemilihan (Dapil) yang diusulkan ke KPU pusat untuk di tetapkan.

Ketua KPU Morut, Tanwir Lamaming mengungkapkan bahwa pertemuan awal ada 3 opsi yang diusulkan oleh para ketua partai. Pertama, Dapil 1 Lembo, Lembo Raya, Mori Atas dan Mori Utara untuk 9 kursi, Dapil 2 Petasia, Petasia Timur dan Petasia Barat untuk 9 kursi dan Dapil 3 Bungku Utara, Mamosalato dan Soyo Jaya untuk 7 kursi.

Sementara itu opsi Kedua Dapil 1 Lembo, Mori Atas dan Mori Utara untuk 7 kursi, Dapil 2 Petasia, Petasia Timur, Lembo Raya dan Petasia Barat untuk 11 kursi dan Dapil 3 Bungku Utara, Mamosalato dan Soyo Jaya untuk 7 kursi.

Sedangkan untuk opsi ketiga Dapil 1 Lembo, Lembo Raya, Mori Atas dan Mori Utara untuk 9 kursi, Dapil 2 Petasia, Petasia Timur, Petasia Barat dan Soyo Jaya untuk 11 kursi, Dapil 3 Bungku Utara dan Mamosalato untuk 5 kursi.

Dalam rapat kemarin disimpulkan opsi pertama yang diambil. Opsi ini diambil karena mengingat opsi kedua Lembo Raya jikalau kampanye nanti harus melewati Lembo, begitu juga opsi ketiga ini sudah sangat kekurangan kursi minimal 6 sampai 12 kursi.

Opsi pertama inilah yang diusulkan ke KPU Pusat untuk ditetapkan KPU Pusat dalam Pileg 2019 mendatang.
 
 
Editor: Elwin