Tuesday, 24 January, 2017 - 15:14

Pilkada Buol, Tim Koloi Laporkan Kartu Beramal Rudi

Tim Bersinar saat melapor di Panwaslih Buol. (Foto : Ist)

Buol, Metrosulawesi.com - Tim Bantuan Hukum Pasangan Samsudin Koloi - Nurseha Batalipu (BERSINAR) di Pilkada Buol, melaporkan dugaan pelanggaran Pemilu oleh pasangan petahana Amirudin Rauf - Abdulah Batalipu, berupa pembagian Kartu Beramal ke Panwaslih Kabupaten Buol yang beralamat di Jalan Sultan Hasanudin Kelurahan Leok 2, yang diterima Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga Panwaslih Kabupaten Buol, Kariyanto, Jumat 16 Desember 2016.

Laporan dilakukan sekretaris koalisi pasangan BERSINAR Sugeng Labba didampingi sejumlah pengacara antara lain Yahdi Basma, Ariyanto Lamading dan Eko Arif.

Dalam laporannya, selain membawa sejumlah saksi yang menerima kartu Beramal, bukti fisik kartu Beramal, serta bukti lainnya. Berdasarkan postingan Tim Beramal di media sosial jumlah kartu yang telah disebarkan telah mencapai 54 ribu lembar dengan target total kartu yang akan disebar sebanyak 60 ribu lembar kartu.

Tim BERSINAR menilai Kartu Beramal diduga melanggar UU No 10 tahun 2016 tentang perubahan kedua atas UU No 1 tahun 2015 tentang Penetapan PP pengganti UU No 1 tahun 2014, tentang pemilihan gubernur, bupati dan walikota menjadi UU, pasal 73 ayat 1 bahwa Calon dan/atau tim kampanye dilarang menjanjikan dan/atau memberikan uang atau materi lainnya untuk penyelenggara pemilihan dan/atau pemilih.

Sementara itu, Wakil Ketua Hukum dan HAM DPW Partai NasDem Sulawesi Tengah, Yahdi Basma yang turut mendampingi Pelapor dan Saksi menegaskan bahwa, Partai NasDem sangat mengapresiasi sikap warga Buol yang bersedia melaporkan dugaan pelanggaran pelaksanaan Pilkada yang berpotensi menciderai semangat untuk memperoleh hasil Pilkada yang bersih dan bermartabat.

"Partai NasDem mengapresiasi siapapun warga Buol yang melakukan Pelaporan Dugaan Pelanggaran di Panwaslih, karena itu merupakan langkah elegan dan prosedural yang disediakan salurannya oleh hukum, baik UU 10/2016, PKPU 12/2016 ttg Kampange Jo. Keputusan KPU No.123/2016 tentang Pedoman Teknis Pelaksanaan Kampanye Pilkada 2017," tegasnya.

Sementara itu Sugeng Labba sebagai pelapor yang juga sekretaris Koalisi Pemenangan BERSINAR mengatakan, bahwa pihaknya melaporkan dugaan pelanggaran ini ke Panwaslih Buol karena adanya informasi langsung sekaligus laporan dari masyarakat kepada dirinya yang nama dan fotonya tertera dalam Kartu Beramal.

"Laporan ini didasari atas semangat untuk menjadikan Pilkada ini sebagai saranan memperoleh pemimpin yang benar-benar melalui proses bersih, jujur dan bermartabat," ujarnya.

Kirim Komentar Anda
Budayakan beri komentar terkait artikel yang ditayangkan. Komentar adalah tanggapan pribadi sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim, tidak mewakili kebijakan redaksi METROSULAWESI dot com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus komentar sesuai dengan Pedoman Komunitas.

Bintang Delapan