Friday, 22 June, 2018 - 13:30

PILKADA MORUT - Idham, Kandidat Penjaga Tradisi Orang Mori

Calon bupati Morowali Utara Idham Ibrahim saat menyantap makanan khas Mori, Modui yang selalu disuguhkan warga saat Idham bersilaturahmi di rumah-rumah warga. (Foto : Alekson Weao)

Kolonodale, Metrosulawesi.com – Dalam setiap kunjungannya ke desa-desa terpencil di Morowali Utara, calon Bupati Morut nomor urut 4 Idham Ibrahim selalu mendapat sambutan hangat warga. Sambutan itu tak hanya pelukan dan gegap gempita warga. Tapi juga selalu disuguhkan makanan khas tradisional Mori yaitu Modui.

Seperti dalam kunjungannya ke salah satu rumah warga di Desa Sampalowo. Idham yang datang disambut hangat warga, dan dijamu makan siang makanan khas orang Mori Modui yang menjadi makanan kegemaran Idham.

Anggota DPRD Morut, Djabar Lahadji menilai, sosok Idham yang selalu membaur dengan masyarakat dimanapun Ia hadir, dan mencicipi makanan kesukaan jenis Modui itu mengingatkan akan ciri khas orang Mori. Hal itu jelas tergambar dalam sosok Idham yang menjadi bagian dari suku Mori, menjaga tradisi orang Mori.

Anggota DPRD yang cukup vocal ini juga menambahkan, kedepan jika pasangan Idham–Heymans dipercaya memimpin Morut. Maka, akan menghidupkan  lembaga-lembaga adat hingga kedesa-desa.

“Termasuk memberi perlindungan dan pengakuan terhadap nilai-nilai tradisi yang harus kita junjung tinggi,” terang Djabar Lahadji.


Editor : Subandi Arya