Saturday, 23 June, 2018 - 01:07

Pilkades Serentak di Morut Memanas

Morut, Metrosulawesi.com - Masyarakat 58 desa di Morowali Utara (Morut) akan menggelar pemilihan kepala desa serentak 19 Maret 2019.

Informasi yang dihimpun Metrosulawesi di beberapa desa yang memiliki calon lebih dari 5, persaingan semakin memanas. Bahkan ada yang mencari-cari kesalahan lawan. Banyak petahana yang disoroti hasil kerjanya selama ia memimpin desa tersebut.

Beberapa calon kepala desa yang tidak mau disebut namanya kepada Metrosulawesi mengatakan fitnah seperti itu akan dilaporkan kepada pihak berwajib. Bahkan ada calon kades yang mantan kades tak segan-segan mundur dari pencalonan karena tak tahan menerima berbagai isu-isu yang menyudutkannya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Morowali Utara, Drs Romelius Sapara, mengatakan pihaknya telah siap melaksanakan pemilihan kepala desa pada 19 Maret 2018 mendatang. Baru-baru ini, kata dia  juga telah dilaksanakan sosialisasi dan pelatihan kepada panitia Pilkades.

Romelius Sapara katakan dari 121 desa di Kabupaten Morowali Utara, 58 desa akan mengikuti pemilihan Kades. Kecuali Kecamatan Mori Utara, ada 9 desa belum satupun kadesnya mengikuti Pilkades karena daerah itu baru mekar dari kecamatan induk Mori Atas, sehingga masa jabatan kepala desa baru berjalan dua tahun lebih.

Dari 58 desa yang akan ikut Pilkades, ada beberapa desa di antaranya memiliki lebih dari 5 calon, dimana mereka yang terdapat 6 sampai 7 calon kepala desa.

“Ini telah diadakan assessment atau uji kelayakan menjadi kepala desa yang menghasilkan tinggal 5 calon. Sementara ada juga desa terancam tidak ikut Pilkades karena calon tunggal alias tidak ada lawan,” kata Romelius Sapara di ruang kerjanya, Jumat 1 Maret 2018.


Editor: Syamsu Rizal