Saturday, 18 August, 2018 - 03:17

PLN Palu Upayakan Listrik Tak Padam Saat Lebaran

Emir Muhaimin saat mengecek kesiapan personilnya jelang lebaran 2016. (Foto : M Yusuf BJ/ Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.com - Manager PT PLN Area Palu, Emir Muhaimin mengungkapkan pihaknya akan berusaha semaksimal mungkin agar tidak ada pemadaman listrik saat lebaran nanti. Kata dia, pihaknya telah posko, personil dan peralatan mengantisipasi hal itu.

“Untuk pemeliharaan yang membutuhkan pemadaman, kami upayakan tidak dilakukan saat lebaran nanti. Tetapi jika terjadi emergency atau darurat, itu harus kami padamkan. Namun kami tetap lakukan koordinasi terlebih dahulu kepada pelanggan-pelanggan kami,” kata Emir di Palu, Jumat, 16 Juni 2017.

Emir mengatakan jika pemadaman yang disebabkan faktor alam, maka tidak bisa diantisipasi.

“Yang bisa dilakukan adalah mempercepat pemulihan dengan mengarahkan personil dan armada yang ada, agar durasi padamnya tidak terlalu lama,” jelasnya.

“Pasokan listrik kami saat ini masih surplus 10 Megawatt (MW) dan untuk sisi cadanganya masih mencukupi untuk memasok beban-beban puncak yang ada di Kota Palu dan sekitarnya,” ujarnya.

Selain itu, kata Emir, bahan bakar batu bara dan solar juga diprediksi bisa bertahan hingga pasca lebaran.

“Kami akan terus berupaya agar suplai batu bara ini tidak terhambat. Jika pun batu bara nantinya akan berkurang, kami segera koordinasikan dengan pihak PLTU Mpanau,” ungkapnya.

“Kalau memang terjadi pemadaman itu paling hanya satu RT saja, selain itu tidak menyebar secara meluas,” katanya.

Emir berharap jelang lebaran tahun ini tidak terjadi hal-hal yang dapat mengganggu jaringan PLN, misalnya kejadian alam yang tidak dapat diprediksi. 

“Yang jelas pada Idul Fitri tahun ini kami prioritas menjaga jaringan PLN, dan terus berupaya mengontrol daya listrik agar semua dapat terjaga dengan baik,” jelasnya.  


Editor : M Yusuf BJ