Tuesday, 26 September, 2017 - 19:07

PLTA Poso Jamin Tak Ada Pemadaman Selama Perbaikan Mesin Pembangkit

Aslori. (Foto : Wawan)

“Pemeliharaan yang dilakukan pada tiga unit mesin tersebut dilakukan tidak tidak sekaligus. Melainkan, secara bertahap dalam waktu paling lama satu minggu dengan menggunakan tenaga teknisi yang sudah berpengalaman,” - Aslori, Humas PLTA Poso -

Poso, Metrosulawesi.com - Manajemen PT. Poso Energy untuk Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Sulewana, Kabupaten Poso menyatakan, pihaknya menjamin tidak akan melakukan pemadaman listrik sepanjang  kegiatan pemeliharaan tiga unit mesin yang ada dalam areal PLTA.

Tiga unit mesin yang mendapat pemeliharaan tersebut merupakan mesin yang selama ini mensuplai daya listrik sebesar 18 Mega Watt (MW), untuk memenuhi kebutuhan listrik diwilayah Sulteng termasuk Kabupaten Poso itu sendiri.

Humas PLTA Sulewana Aslori menepis informasi yang berkembang ditengah masyarakat terkait pemerliharaan mesin yang akan berujung pada pemadaman listrik. Kata Aslori,  kegiatan pemeliharaan atau servis mesin yang ada diareal PLTA sudah merupakan kegiatan rutin yang selalu dilakukan setiap tahunnya.

“Rencananya pertengahan Oktober ini ada pemeliharaan mesin, akan tetapi itu sama sekali tidak ada hubungannya dengan jaringan listrik yang ada di PLN Rayon Poso, intinya tidak ada pemadaman," ungkapnya, Jumat (2/10/2015).

Sebagai jaminan, Aslori mengaku, jika pemeliharaan yang dilakukan pada tiga unit mesin tersebut dilakukan tidak tidak sekaligus. Melainkan, secara bertahap dalam waktu paling lama satu minggu dengan menggunakan tenaga teknisi yang sudah berpengalaman. 

Diakuinya,  dalam kondisi aliran lisrik yang baru normal pasca kerusakan Tower yang tertimpa pohon di Kecamatan Lage, Poso. Pihak PLTA justru akan berupaya memaksimalkan pelayanan untuk menjamin pasokan listrik dari PLTA ke PLN Poso tidak akan terganggu.

"Ini adalah pemeliharaan rutin yang tiap tahun kita lakukan,  dan sebelumnya tidak pernah kita melakukan pemadaman saat kegiatan berlangsung," jelas Aslori.

Sebelumnya beredar informasi, akan kembali terjadi pemadaman listrik untuk wilayah Kabupaten Poso, Parigi dan Palu pada pertengahan Oktober ini, karena ada pemeliharaan mesin yang dilakukan oleh PLTA Sulewana. Bahkan informasi pemadaman bergilir tersebut, ikut diamini oleh Kepala Teknisi PLN Rayon Poso Muhamad Sofyan, saat  dikonfirmasi sejumlah media beberapa jam setelah aliran listrik PLN Poso kembali berjalan normal.

 

Editor : Subandi Arya

Kirim Komentar Anda
Budayakan beri komentar terkait artikel yang ditayangkan. Komentar adalah tanggapan pribadi sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim, tidak mewakili kebijakan redaksi METROSULAWESI dot com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus komentar sesuai dengan Pedoman Komunitas.