Saturday, 25 November, 2017 - 11:37

PNS Poso Kecewa, Gaji 13 Belum Dibayar

Suasana depan Kantor Bupati Poso. (Foto : Wawan/ Metrosulawesi)

Poso, Metrosulawesi.com - Para Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pemerintah Daerah Poso saat ini marah besar dan mengaku kecewa karena hingga saat ini belum ada perhatian dari Pemda Poso terkait pembayaran gaji 13 yang belum ada dibayarkan.

Saat ini ada sebanyak 8 ribu lebih PNS Pemda Poso terus mempertanyakan pembayaran gaji 13, mereka mempertanyakan kepastian pembayaran gaji 13, yang sampai saat ini belum juga dibayarkan oleh bagian keuangan pemda Poso.

Sejumlah PNS Pemda Poso menyampaikan, dana pembayaran gaji 13 ini harus dipertanyakan, karena menurut mereka dana pembayaran tidak dapat diganggu untuk pembayaran kegunaan lainya.

"Mengapa gaji 13 sampai saat ini belum dibayarkan oleh bagian keuangan, padahal dana gaji itu tidak dapat diganggu untuk pembayaran kegunaan lainnya. Kami minta tranparansi dari keuangan mengapa gaji 13 belum dibayarkan," keluh sejumlah PNS Pemda Poso saat menelfon Metrosulawesi, Kamis (21/7/2016).

Terkait hal itu, Kepala Bagian Keuangan dan Aset Pemda Poso, Rudi Ricardo Rompas mengatakan, jika dana gaji 13 saat ini ada, dan tersimpan di kas daerah, dan rencananya pembayaran akan dibayarkan pada bulan Agustus ini.

"Akan dibayarkan pasti, dana itu ada, kami akan bayarkan pada akhir bulan Juli 2016," ungkap Rudi belum lama ini.

Permasalahan lambatnya pembayaran gaji 13 tersebut, membuat kondisi para PNS Pemda Poso mulai bermalas-malasan untuk masuk kantor dalam beraktifitas, bahkan setiap harinya para PNS ini terus membicarakan gaji 13, mereka menduga dana pembayaran untuk gaji 13 telah digunakan untuk kepentingan lain.

Pembayaran gaji 13 menurut informasi dari sejumlah PNS, seharusnya telah dibayarkan lunas seminggu yang lalu. Namun, sampai saat ini tak kunjung dibayarkan dan hanya sebatas janji.

“Katanya hari ini (kemarin-red) akan dibayarkan gaji 13, namun sampai saat ini belum juga dibayarkan, katanya lagi besok (hari ini-red), seharusnya ada tranparansi mengapa gaji 13 belum dibayarkan," tutur mereka.

Bahkan kondisi ini pun, membuat para PNS Poso mulai membuat isu dengan melampiaskan amarahnya akan mengancam untuk aksi demo hingga mogok kerja.

"Torang somo bakalae ini le, tetau apa torang pe hak tidak ada dibayar," ungkap Xox salah satu PNS dengan nada emosi saat menelfon Metrosulawesi.


Editor : Masruhim Parukkai

Tags: 
Kirim Komentar Anda
Budayakan beri komentar terkait artikel yang ditayangkan. Komentar adalah tanggapan pribadi sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim, tidak mewakili kebijakan redaksi METROSULAWESI dot com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus komentar sesuai dengan Pedoman Komunitas.