Monday, 20 November, 2017 - 08:18

Polda Sulbar dan BI Kerjasama

KERJASAMA - Suasana penandatanganan nota kesepahaman antara Polda Sulbar dan BI. (Foto : Ist)

Mamuju, Metrosulawesi.com - Jajaran Polda Sulbar dan Bank Indonesia menggelar penandatanganan pokok-pokok kesepahaman (PPK) antara kantor perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Barat dengan kepolisian Daerah Sulawesi Barat dan Sosialisasi tentang tugas dan kewenangan Bank Indonesia dengan kepolisian Negara Republik Indonesia. Bertempat di Ball Room Hotel d' Maleo, Senin 5 Desember 2016.

Kegiatan tersebut di hadiri langsung oleh Kapolda Sulbar Drs. Lukman Wahyu Hariyanto, M.Si, Wakapolda Sulbar Kombes Pol Drs. Tajuddin, MH, Para Pejabat Utama Polda Sulbar, Kapolres Jajaran Polda Sulbar, Kepala Perwakilan BI Sulbar Asep Budi Brata beserta Menejer BI & Para Staf Bank BI dan seluruh personil Polda Sulbar yang sempat hadir.

Pelaksanaan kegiatan tersebut di awali dengan penandatanganan pokok-pokok kesepahaman antara kepala perwakilan Bank BI Asep Budi Brata dan Kapolda Sulbar Brigjen Pol Drs. Lukman Wahyu Hariyanto, M.Si.

Kepala BI Asep Budi Brata dalam sambutannya mengatakan bahwa kerjasama penanganan tindak pidana di bidang sistem pembayaran dan Kupva merupakan upaya sinergi kelembagaan antara BI dan Polri, khususnya di bidang penegakan hukum.

"Khusus kegiatan ini nantinya untuk mewujudkan rasa aman bagi semua pihak dalam melakukan transaksi keuangan non-tunai dalam hal tindakan kriminal oleh pihak yang tidak bertanggung jawab," kata Asep Budi Brata.

Lebih lanjut dikatakan untuk menekan potensi kriminalitas tersebut, penanganan terhadap dugaan tindak pidana perlu dilakukan secara intensif.

"Melalui koordinasi dan konsolidasi yang kuat diharapkan dapat mencegah dan memanimalisir berbagai kejahatan di bidang sistem pembayaran. Sekaligus menjadi efek jerah bagi pihak yang akan melakukan kejahatan tersebut," ujar Asep Budi Brata

Sementara itu Kapolda Sulbar Brigjen Pol Lukman Wahyu dalam amanatnya berharap dengan pedoman kerja ini dapat menjadi perekat komunikasi yang baik, koordinasi yang intensif, serta kalaborasi sinergitas antara Polri dan BI untuk menjaga dan meningkatkan efektifitas penegakan hukum dibidang sistem pembayaran sekaligus sebagai bentuk pelayanan prima kepada masyarakat untuk memberikan rasa aman dan nyaman.

"Klaborasi sinergitas antara Polri dan BI untuk menjaga dan meningkatkan efektifitas penegakan hukum dibidang sistem pembayaran sekaligus sebagai bentuk pelayanan prima kepada masyarakat untuk memberikan rasa aman dan nyaman," ungkap Kapolda.

Selanjutnya kegiatan tersebut dilanjutkan dengan sosialisasi tentang tugas dan kewenangan Bank Indonesia dengan Kepolisian Republik Indonesia yang dibawakan oleh DKSP BI Pusat Priyadi Santoso, Devisi Pengamanan BI Pusat Suprapto dan Ibu Annatasya Maryana. kemudian dirangkaikan dengan tanya jawab terkait pelaksanaan kegiatan.

Kirim Komentar Anda
Budayakan beri komentar terkait artikel yang ditayangkan. Komentar adalah tanggapan pribadi sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim, tidak mewakili kebijakan redaksi METROSULAWESI dot com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus komentar sesuai dengan Pedoman Komunitas.