Tuesday, 21 August, 2018 - 06:26

Polda Sulteng Terbitkan Ribuan SKCK Bacaleg

Kabid Humas Polda Sulteng, AKBP Hery Murwono. (Foto: Ist)

Palu, Metrosulawesi.com - Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tengah,  beserta jajarannya telah menerbitkan ribuan Surat Keterangan Catatan kepolisian (SKCK) untuk para Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) DPR-RI, DPD RI, DPRD Provinsi  dan Kabupaten.

Kabid Humas Polda Sulteng AKBP Hery Murwono, kepada Metrosulawesi, Jumat, 13 Juli 2018 mengungkapkan bahwa, ribuan SKCK itu di terbitkan sejak memasuki masa pendaftaran para bakal Calon Legilatif (caleg) di Sulteng.

“Untuk data penerbitan SKCK yang diperuntukan Bacaleg DPR-RI, DPD RI, DPRD Provinsi  dan Kabupaten, untuk Polda Sulteng berjumlah 235 Surat dan untuk Polres jajaran berjumlah 3.069 Surat, jadi totalnya bejumlah 3.304 Surat  yang sudah di terbitkan,” jelasnya.

Menurut Hery, bagi bakal caleg berbeda pengurusan SKCK nya dengan masyarakat umum. Pasalnya, para bakal caleg harus melengkapi berkas ijazah pendidikan sejak pertama hingga terakhir bersekolah.

“Informasi yang ada, hingga saat ini masih ada sejumlah caleg yang sementara melakukan pengurusan SKCK, sehingga jumlah pemohon dimungkinkan akan masih bertambah,”

Juru bicara Polda Sulteng ini menambahkan bahwa mulai aktifnya bakal caleg mengurus pemberkasan ke pihak kepolisian, tidak ada terkendala apapun dan hingga saat ini,  blangko yang dibutuhkan masih tersedia.

"Pokoknya pelayanan SKCK bagi para bakal caleg sudah dimaksimalkan, dan tidak ada kendala," ungkapnya.

Seperti diketahui bahwa, sejak di bukanya pendaftaran calon legislatif (Caleg) dalam Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU), para Bacaleg mulai ramai mengajukan pembuatan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK). SKCK menjadi salah satu dokumen yang harus dilampirkan saat pendaftaran calon legislatif (Caleg) dalam Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019.  


Editor: M Yusuf Bj