Sunday, 24 September, 2017 - 16:31

Polemik Tapal Batas Pemicu Kerusuhan

Suprapto Dg Situru. (Foto : Dok Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.com - Guna menghindari konflik di wilayah perbatasan pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah diminta menyelesaikan semua persoalan tapal batas antar kabupaten. Pasalnya, tapal batas sangat rentan memicu konflik.

Anggota Komisi III DPRD Sulawesi Tengah, Suprapto Dg Situru belum lama ini mengatakan, Gubernur harus bergerak cepat menyelesaikan persoalan tapas batas, khususnya daerah yang saat ini berpolemik yakni Kabupaten Poso dan Kabupaten Sigi.

“Gubernur tidak boleh lamban, masalah tapal batas harus diselesaikan secara menyeluruh sehingga kedepan tidak ada saling klaim antar masyarakat maupun antar daerah,” tegas Suprapto.

Dirinya mengkhawatirkan persoalan di tapal menjadi berlarut bila penangannya tidak komprehensif. Maka dari itu, dibutuhkan keseriusan pemerintah menyikapi persoalan tersebut.

Persoalan tapal batas menurut Suprapto sebenarnya bukan hanya terjadi di Kabupaten Poso dan Sigi, tetapi hampir diseluruh wilayah bahkan antar provinsi juga memiliki persoalan tapal batas. Maka dari itu, seluruh aspek menyangkut tapal secepatnya diselesaikan.

Suprapto mengingatkan, sudah banyak contoh kerusuhan terjadi gara-gara tapal batas, jangan sampai kejadiannya menimpa Sulawesi Tengah, sebagai provinsi dengan luas luas daerah sangat besar potensi kericuhan di tapal batas juga tinggi.

“Tapal batas menjadi perhatian kita bersama, khususnya pemerintah. Saya berharap segala bentuk persoalan tapal batas dapat diselesaikan secara menyeluruh,” tegasnya.

Kirim Komentar Anda
Budayakan beri komentar terkait artikel yang ditayangkan. Komentar adalah tanggapan pribadi sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim, tidak mewakili kebijakan redaksi METROSULAWESI dot com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus komentar sesuai dengan Pedoman Komunitas.