Sunday, 28 May, 2017 - 18:29

Poso Akan Gelar Lomba Balap Sepeda Ontel

Sukimin. (Foto : Ist)

Poso, Metrosulawesi.com - Pencinta Komunitas Sepeda Poso (PKSP) dalam waktu dekat ini akan menggelar perlombaan balap sepeda.

Lomba balap sepeda itu, para peserta harus menggunakan sepeda jenis Ontel dengan jarak tempuh sejauh 400 meter.

Kegiatan balap sepeda ini rencananya akan digelar di jalur dua alun-alun Poso Kota pada pertengahan April 2017, yang merupakan inisiatif para komunitas sepeda di Poso dalam mendukung program Bupati Poso Darmin A.Sigilipu menuju Poso yang sehat.

Selain mengajak warga Poso untuk berolah raga melalui bersepeda, lomba ini diharapkan menjadi motivasi untuk tidak melupakan alat transportasi peninggalan nenek moyang dulu yaitu sepeda jenis Ontel. Berbeda dengan kegiatan sepeda sebelumnya yang telah digelar tour antar Kabupaten, balapan sepeda ontel tersebut dengan menggunakan drag lurus tanpa tikungan yang sekaligua menjadi ajang untuk bangkitkan parawisata kabupaten.

Penggagas  balapan  jenis Ontel,Sukimin,yang juga anggota dari PKSP mengatakan balap sepeda jenis Ontel sengaja digelar untuk mengajak warga Poso untuk bisa kembali mencintai olahraga sepeda serta menghidupkan kembali tradisi nenek moyang,khususnya bersepeda yang mulai ditinggalkan.Menurutnya,untuk tahap awal,balapan yang nantinya akan diikuti oleh peserta asal Poso,tidak tertutup kemungkinan kedepan akan digelar antar kabupaten Sesulawesi Tengah.

"Sejalan dengan visi Misi pak Bupati untuk menuju Poso yang sehat dan cerdas,tentunya dengan kegiatan balap sepeda tersebut akan menjadi motivasi nanti untuk warga Poso kembali mencintai olah raga  sepeda,tanpa harus melihat besarnya hadiah yang akan diperebutkan peserta," ungkap Sukimin.

Ditambahkan,inisiasi pelaksanaan balap sepeda jenis ontel tersebut diakuinya muncul secara spontan untuk mencari sisi lain yang unik dalam mengajak warga Poso khususnya untuk hidup sehat melalui bersepeda.Diakuinya,dalam menyikapi adanya sejumlah rangkaian kejadian gangguan keamanan di Poso,dirinya berharap perlu dilakukan kegiatan-kegiatan yang lebih humanis,dan dijadikan sekaligus sebagai ajang promosi untuk wilayah lain yang memastikan jika Poso sangat kondusif.

"Melalui balapan Sepeda Ontel ini,selain kita ambil hikmahnya untuk hidup sehat,kegiatan tersebut karena keunikannya ,maka kita juga akan jadikan sebagai ajang promosi wisata dan keamanan untuk wilayah lain kalau Poso semakin kondusif," harap Sukimin.

Dalam membudayakan olah raga sepeda,Selain persiapan balap Sepeda Ontel,para komunitas Sepeda Poso telah menggelar kegiatan rutin dilingkungan Pemda Poso untuk setiap hari Sabtu menjadi kegiatan olah raga bersepeda.Selain unsur PNS Pemda,turut serta alam kegiatan rutin bersepeda santai tersebut adalah Kapolres Poso bersama jajarannya,Kejari Poso bersama stafnya serta sejumlah warga Poso yang selalu ikut meramaikan.


Editor : Subandi Arya

Kirim Komentar Anda
Budayakan beri komentar terkait artikel yang ditayangkan. Komentar adalah tanggapan pribadi sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim, tidak mewakili kebijakan redaksi METROSULAWESI dot com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus komentar sesuai dengan Pedoman Komunitas.