Saturday, 26 May, 2018 - 01:12

PPNI RSUD Ampana Gelar Pengobatan Gratis

BAKSOS - Suasana pengobatan massal di Puskesmas Binanguina, Touna, Minggu (10/5). (Foto : Harris Wartabone)

Ampana, Metrosulawesi.com - Menjelang Hari Perawat Sedunia atau International Nursing Day pada 12 Mei 2015, Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Komisariat RSUD Ampana menggelar bakti sosial (Baksos) berupa pengobatan gratis bertempat di daerah kepulauan yakni di Puskesmas Pembantu (Pustu) Desa Binanguina, Kecamatan Unauna, Kabupaten Tojo Unauna (Touna), Minggu (10/5).

"Kegiatan bakti sosial berupa pengobatan gratis ini dilakukan dengan tujuan meningkatkan pemahaman masyarakat tentang peranan penting kesehatan dalam kehidupan, serta membangun dan membina kesadaran dan kepedulian Indonesia Sehat 2015," kata Ketua PPNI Komisariat RSUD Ampana, Anhar Hadamu.

Dalam pengobatan gratis itu sebanyak 50 orang tenaga medis menggunakan kapal laut menuju Desa Binanguna di Kecamatan Unauna di antaranya Direktur RSUD Ampana, dr Josevien Manuputty, dokter ahli kandungan Herdana Suwartono dan dokter ahli anak Ratih Hernawati. Selain itu, juga ikut dalam rombongan tiga dokter umum, apoteker dan sejumlah staf perawat RSUD Ampana.

"Kegiatan pelayanan kesehatan berlangsung sekitar pukul 10.00 sampai pukul 14.00 Wita. Warga yang mendapat pelayanan gratis mencapai 120 orang dengan berbagai keluhan penyakit dari beberapa dusun di Desa Binanguna, Kecamatan Unauna,” ungkapnya.

Menurutnya, kegiatan seperti ini akan terus dilakukan. Profesi tenaga kesehatan merupakan profesi yang mulia, sehingga semuanya harus menggeluti profesi ini dengan sepenuh hati.

“Mudah-mudahan kegiatan ini bermanfaat bagi semua pihak. Ke depan kami akan terus meningkatkan pelayanan,” jelasnya.

Penginisiatif baksos ini adalah PPNI Komisariat RSUD Ampana didukung  Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kabupaten Touna dan Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) Kabupaten Touna.


Editor : Alfred Lande

Tags: