Monday, 20 November, 2017 - 02:00

Prenatal Check-Up, Menjaga Buah Hati Hingga Masa Kelahiran

Gedung Prodia cabang Palu. (Foto : Dok Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.com - Kehamilan adalah anugrah bagi setiap wanita yang sudah menikah. Kebahagiaan akan kehadiran nyawa yang ada di dalam perut membuat para wanita hamil melakukan persiapan yang sangat matang untuk menyambut kehadiran buah hati sembilan bulan ke depan.

Pada awal kehamilan, apalagi bagi mereka yang baru pertama kali berada dalam kondisi hamil, langkah proteksi terhadap kondisi diri dan buah hati akan lebih ketat dibandingkan mereka yang pernah hamil. Berbagai langkah ditempuh oleh para calon ibu, seperti diet, menjaga asupan nutrisi dengan memilah-milah makanan, berolahraga (senam hamil), hingga konsultasi ke dokter. Semua hal tersebut boleh saja dilakukan oleh para ibu hamil, asalkan semua dilakukan dengan cara yang benar, jika tidak ingin sesuatu yang buruk terjadi pada calon ibu dan buah hati.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan para ibu hamil diantaranya asupan makanan yang diperlukan ibu dan buah hatinya, makanan yang harus dibatasi, berolahraga selama hamil baik untuk ibu maupun janin, serta konsultasi ke dokter dan melakukan check-up. Memantau kondisi kehamilan dan janin menjadi salah satu hal yang juga perlu diperhatikan oleh para ibu hamil. Rutin konsultasi ke dokter ataupun melakukan pemeriksaan laboratorium dapat mengetahui kondisi perkembangan janin juga kondisi kesehatan ibu. Hal ini juga dapat menjadi langkah preventif ketika terjadi hal-hal yang beresiko terhadap janin ataupun ibu.

Saat ini terdapat pemeriksaan laboratorium yang dikhususkan bagi persiapan kehamilan, yaitu prenatal chek up. Jenis-jenis pemeriksaan dalam prenatal check up mencakup pemeriksaan: Hematologi rutin, urine rutin, golongan darah dan rhesus, glukosa darah puasa dan glukosa darah 2 jam PP, HbsAg, TORCH dan VDRL/RPR.

Menjaga kondisi kesehatan selama kehamilan sangat penting bagi ibu dan janin, agar buah hati tumbuh dan berkembang dengan baik hingga waktu kelahiran tiba.

Informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi laboratorium klinik Prodia, Jl. S. Parman No. 16, Palu (0451-451639).

Kirim Komentar Anda
Budayakan beri komentar terkait artikel yang ditayangkan. Komentar adalah tanggapan pribadi sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim, tidak mewakili kebijakan redaksi METROSULAWESI dot com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus komentar sesuai dengan Pedoman Komunitas.