Thursday, 16 August, 2018 - 20:02

Presiden Jokowi Dipastikan Buka AICIS ke-18

Dr Abidin. (Foto: Moh Fadel/ Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.com - Presiden Rebuplik Indonesia (RI) Joko Widodo dipastikan hadir pada kegiatan Annual International Conference on Islamic Studies (AICIS) ke-18 yang diselenggarakan di Kota Palu, Provinsi Sulawesi Tengah.  

Demikian dikatakan Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu, yang juga Ketua Panitia penyelenggara AICIS ke-18, Dr Abidin, kepada Metrosulawesi di ruang kerjanya, Selasa, 7 Agustus 2018.

“Indikatornya adalah hingga saat ini Direktur Pendidikan Tinggi Islam telah menerima jadwal dan tata tertib (tatib) dari Sekretaris Negara mengenai Presiden Jokowi akan datang ke Palu, sehingga kami menganggap sudah ada kemauan hadir di Palu. Saat ini kami tinggal menunggu panggilan mulai dari Direktur, Dirjen, Panitia termasuk Rektor IAIN Palu untuk membicarakan terkait AICIS ke-18 ini,” ujarnya.

Kemudian kata Abidin, panitia telah mengirim rundown acara Presiden dari menit ke menit, seperti dari bandara hingga selesai acara. 

“Posisi kami tinggal melaporkan hal ini kepada Gubernur Sulteng, bahwa Presiden Jokowi bersedia datang untuk membuka AICIS ke-18,” katanya. 

Abidin mengatakan yang paling membuat kuat hatinya Presiden RI datang ke Palu, bahwa Jokowi baru mengetahui bahwa kegiatan AICIS ke-18 merupakan kegiatan keilmuan mendunia. Disamping menghadiri kegiatan AICIS ke-18, Presiden RI juga akan membagikan Kartu Indonesia Pintar (KIP) kepada sejumlah santri dan santriawati madrasah se-Sulteng. 

“Jadi kedatangan Presiden ke Palu mengikuti tiga agenda, pertama membuka AICIS ke-18, kedua pembagian KIP, dan penyerahan beasiswa Bidikmisi kepada mahasiswa IAIN Palu,” ujarnya. 

Olehnya kata dia, karena kegiatan yang dilaksanakan bukan hanya AICIS, ada juga pembagian KIP yang melibatkan Kanwil Kemenag, maka banyak saran yang masuk ke pantia agar tempat pelaksanaan kegiatan ada parkiran yang luas. 

“Maka kami sekarang ini memilih Masjid Agung menjadi tempat pelaksanaan pembukaan AICIS, sekaligus penyerahan KIP,” ungkapnya. 

Abidin mengatakan untuk seminar AICIS ke-18 dipusatkan di kampus IAIN Palu, tetapi pembukaan di Masjid Agung. 

“Di rundown (jadwal) acara Presiden Jokowi kami tangani dari pukul 08.00 wita hingga 13.00 Wita, setelah itu Presiden RI langsung pulang kembali ke Jakarta,” katanya. 

Abidin mengaku, hingga saat ini dari segi administrasi dan sarana prasarana termasuk akomodasi transportasi, serta tenda-tenda dalam seminar, persiapannya sudah mencapai 85 persen. Bahkan saat ini panitia terus melakukan sosialisasi dengan memasang baliho besar di sepanjang jalan utama.

“Karena kegiatan AICIS ini mendunia, sehingga yang hadir ada dari luar negeri dan dalam daerah yang di undang khusus, sehingga yang bisa masuk mengikuti seminar AICIS adalah peserta yang  mempunyai undangan, olehnya estimasi kami yang hadir sekitar 3000 orang,” ujarnya.  

 

Editor: M Yusuf Bj