Monday, 23 July, 2018 - 19:37

Prioritas Kembangkan Togean dan TNLL

Darmoli Deapatola. (Foto: Moh Fadel/ Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.com - Sekretaris Dinas Pariwisata Provinsi Sulawesi Tengah Darmoli Deapatola mengungkapkan, dua destinasi wisata di daerah ini yang prioritas dikembangkan yakni Kepulauan Togean dan Taman Nasional Lore Lindu.

“Tetapi tidak melupakan destinasi di kabupaten lainnya, seperti di Donggala ada tempat wisata Tanjung Karang. Selain itu di Banggai ada Pulau Dua, dan di Tolitoli ada Pulau Sabang, ini juga akan dikembangkan. Demikian pula yang ada di Banggai Kepulauan serta kabupaten lainnya seperti di Parigi Moutong ada tugu katulistiwa,” katanya, belum lama ini.

Sebenarnya kata Darmoli, banyak potensi wisata yang dikembangkan di Provinsi Sulteng, baik itu wisata bahari, alam dan buatan, agar wisatawan mancanegara bisa ketahui bahwa destinasi pariwisata di Sulteng sangat banyak. Apalagi jika merasakan makanan khas Sulteng seperti kaledo dan lainnya.

“Kemudian di Sulteng juga didukung dengan atraksi budaya, misalnya kami punya Sou Raja, Museum, dan lainnya. Namun memang dukungan kita untuk promosi memang masih minim sekali, karena keterbatasan anggaran,” ujarnya.

Darmoli mengungkapkan seperti dua minggu lalu Sulteng kedatangan 12 wisatawan mancanegara dari Finlandia. Menurutnya, hal ini sangat luar biasa karena yang menjual pontensi wisata selain dari pemerintah khususnya Dinas Pariwisata Sulteng, maupuan di kabupaten kota, tetapi ada juga dari pihak travel, mereka inilah yang menjual potensi.

“Memang kami mempromosikan pariwisata bukan hanya lewat brosur, tetapi saat ini zamanya sudah zaman informasi teknologi (IT). Sehingga kami mempromosikan potensi pariwisata kita sudah melalui online, sehingga kami saat ini sudah mempunyai website, maka ke depanya kami akan manfaatkan lagi dalam mempromosikan wisata di Sulteng,” ungkapnya.

Salah satu contoh kunjungan di Togean, kata Darmoli, wisatawan mancanegara pertahun mengunjungi tempat itu mencapai ribuan orang.


Editor: Syamsu Rizal