Tuesday, 27 June, 2017 - 22:01

Prodi Manajemen Paling Diminati Pendaftar SBMPTN Untad

Prof Dr Sutarman Yodo, SH MH. (Foto : Michael Simanjuntak/ Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.com - Pendaftar Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun 2017 di Universitas Tadulako paling banyak meminati Prodi Manajemen. Hal ini diungkapkan Wakill Rektor Bidang Akademik Prof Dr Sutarman Yodo SH MH.

Menurut Prof Sutarman, dari sejumlah program studi (Prodi) yang ada di Universitas Tadulako (Untad), Prodi Manajemen pada Fakultas Ekonomi yang paling banyak diincar para calon mahasiswa.

“Yang paling diminati Prodi manajemen dan akuntansi. Kemudian Prodi PGSD FKIP dan Prodi tehnik informatika,” ungkap Profesor yang juga Ketua Panitia Lokal SBMPTN Untad itu, Jumat 12 Mei 2017.

Empat Prodi tersebut diperebutkan ribuan calon mahasiswa peserta SBMPTN Untad dari berbagai daerah yang memilih Universitas Tadulako sebagai tempat melanjutkan studi di tingkat tinggi.

“Kalau SBMPTN sebelumnya, selain empat Prodi itu masih ada Prodi bahasa Inggris dan farmasi yang menjadi incaran para pendaftar,” katanya.

Hingga hari penutupan, jumlah pendaftar SBMPTN Untad mencapai 27.000 lebih calon mahasiswa. Sementara kuota yang akan diterima melalui SBMPTN hanya 3.000 hingga 4.000-an.

Dengan ketatnya persaingan itu, Wakil Rektor (Warek) berharap peserta SBMPTN bisa mempersiapkan diri secara maksimal. Dia berharap pelaksanaan ujian pada 16 Mei mendatang bisa diikuti semua peserta yang telah mendaftarkan diri.

“Persaingan sangat ketat, hanya mereka yang memiliki kompetensilah yang akan lulus,” tuturnya.

Rencananya, SBMPTN Untad kali ini dijadwalkan akan dipantau langsung Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) yang datang bersamaan dengan kunjungan kerja Presiden Joko Widodo ke Palu, Sulawesi Tengah.

“Dijadwakan pak Menteri memantau sekaligus monitoring dan evaluasi SBMPTN di Untad,” katanya.

Prof Sutarman menerangkan, dari 27.000 pendaftar, yang akan mengikuti ujian di Untad hanya 9.856 peserta terdiri dari Saintek 2.330 peserta, Soshum 3.108 peserta dan campuran 4.418 peserta. Adapun selebihnya mengikuti seleksi di daerah asal masing-masing.

Selain di Untad, lokasi pelaksanaan ujian ada ditujuh sekolah yang ada di Kota Palu yaitu SMAN 5, SMKN 2, SMKN 5, SMANOR Sulteng, SMP Labschool Untad, SMPN 19, SMA dan SMP Madani.

“Ujiannya satu hari saja. Seperti biasa akan dimulai dari pukul 08.00 Wita sampai selesai. Kita berharap semua peserta bisa datang tepat waktu agar tidak menganggu peserta lain,” tandasnya.

Kirim Komentar Anda
Budayakan beri komentar terkait artikel yang ditayangkan. Komentar adalah tanggapan pribadi sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim, tidak mewakili kebijakan redaksi METROSULAWESI dot com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus komentar sesuai dengan Pedoman Komunitas.