Tuesday, 21 August, 2018 - 06:25

Program 1.000 Ekor Ternak Mulai Tersalur

DISERAHKAN – Bupati Sigi Irwan Lapatta menenangkan seekor Sapi Bali, yang akan diserahkan ke kelompok peternak di Kulawi. (Foto: Firmansyah/ Metrosulawesi)

Sigi, Metrosulawesi.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sigi mendistribusikan sebanyak 1.000 ekor ternak kepada gabungan kelompok peternak (Gapoknak) di Kabupaten Sigi, Kamis, 19 Juli 2018. 

Sebanyak 1.000 ekor ternak yang diserahkan Bupati Sigi, Mohamad Irwan Lapatta, kepada masyarakat Sigi itu, terdiri dari 500 ekor Sapi, 300 ekor Kambing, dan 200 ekor Babi. 

Bupati Sigi Irwan Lapatta, mengatakan program bantuan 1.000 ekor ternak telah tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Sigi, melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2018. Oleh karena tu, Gapoknak sebagai perwakilan masyarakat Sigi penerima bantuan ternak ini tidak bermain-main mengelola bantuan, sebab ternak ini beriorintasi pada kesejahteraan peternak itu sendiri.

“Kelompok penerima bantuan ternak sangat merespon program 1.000 ekor ternak ini. Namun mereka sebagian sudah menerima bantuan ternak, dan sebagian lagi sementara dalam tahap pendistribusian bantuan ini,” ungkap Bupati Sigi, saat menyerahkan bantuan ternak di Desa Lawua, Kecamatan Kulawi Selatan itu.

Orang nomor satu di lingkup Pemkab Sigi ini menambahkan, bagi kelompok penerima bantuan ternak Babi dipastikannya menerima sebanyak 20 kelompok. Kemudian yang telah tersalurkan baru 5 kelompok, dan 15 kelompok lagi diminta tetap bersabar menunggu proses pendistribusian bantuannya. 

Sementara itu, kata dia lagi, kelompok penerima bantuan Sapi Bali berjumlah 22 kelompok. Kemudian yang tersalurkan baru 8 kelompok, sedangkan 14 kelompok masih sementara proses. Begitu pun dengan penerima bantuan Sapi Lokal berjumlah 30 kelompok,  namun baru 7 kelompok yang telah menerima.

“Sementara untuk penerima bantuan ternak Kambing Etawa (PE) berjumlah 9 kelompok, dan 18 kelompok lainnya menerima Kambing Lokal,” pungkasnya. 

 

Editor: Masruhim Parukkai