Wednesday, 20 June, 2018 - 14:15

Program Pamsimas Cakup 124 Desa di Parimo, Bupati Minta Masyarakat Rawat

KUNJUNGAN - Bupati Parimo Samsurizal Tombolotutu mengunjungi sejumlah kecamatan di wilayah utara Kabupaten Parimo, Rabu 24 Januari 2018 dan Kamis 25 Januari 2018. (Foto: Dok Humas Pemda Parimo)

Parimo, Metrosulawesi.com - Bupati Parigi Moutong (Parimo) Samsurizal Tombolotutu mengunjungi sejumlah kecamatan di wilayah utara Kabupaten Parimo, Rabu 24 Januari 2018 dan Kamis 25 Januari 2018.

Kunjungan itu untuk meresmikan Program Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) di Kecamatan Sidoan, Tinombo, Palasa, Tomini, Mepanga, dan Moutong.

Pada kesempatan itu, Bupati Parimo meminta warga penerima Pamsimas di Parimo agar memanfaatkan bantuan pemerintah tersebut dengan baik.

"Karena keberhasilan program sarana air bersih dan peningkatan sanitasi lingkungan sangat tergantung kepada kepedulian dan peran serta masyarakat. Oleh karena itu saya minta fasilitas ini dimanfaatkan dengan baik," ujar Samsurizal Tombolotutu.

Samsurizal berharap, bantuan itu dirawat agar sarana yang telah dibangun dengan anggaran yang besar tersebut dapat dirasakan manfaatnya dalam jangka waktu yang panjang.

"Saya minta sarana air bersih dan sanitasi ini dirawat. Karena kalau tidak dirawat fasilitas yang telah dibangun ini akan rusak dan akhirnya mubazir," harapnya.

Dia juga mengatakan, bahwa program Pamsimas telah dilaksanakan sejak tahun 2008. Hingga saat ini total penerima program pemberdayaan itu sebanyak 124 desa dari total 278 desa.

"Karena jumlah jiwa yang telah mendapatkan akses air minum yang layak dan berkelanjutan sebanyak 111.533 jiwa dari total jiwa 186.853 jiwa atau sebanyak 27.565 KK dari total 45.772 KK,” kata Samsurizal.

Dia juga meminta, agar stakeholder terkait senantiasa melakukan pendampingan kepada desa-desa yang telah melaksanakan program pamsimas, sehingga program itu bisa berkelanjutan.

"Yang paling penting sarana ini dapat dijaga dan ditingkatkan sehingga semua warga dapat terlayani dengan baik," pinta Samsurizal.

Kepala Dinas PUPRP Kabupaten Parimo Zulfinasran mengatakan, bahwa dari segi pendanaan, Pamsimas adalah program yang penganggarannya melalui sharing antara APBN dan APBD. Total anggaran program Pamsimas sejak tahun 2008-2016 yang bersumber dari APBD adalah sebesar Rp4 miliar dan anggaran yang bersumber dari APBN sebesar Rp20 miliar lebih. Selain itu, anggaran APBD juga membantu desa-desa pamsimas yang mengalami kerusakan jaringan akibat bencana.

"Sejak tahun 2013-2015 terdapat 7 desa yang dibiayai langsung oleh anggaran APBD Kabupaten Parimo dengan total anggaran sebesar Rp744 juta," ungkapnya.


Editor: Syamsu Rizal

Berita Terkait