Wednesday, 20 June, 2018 - 17:02

Proyek Pasar Induk Tambuli Ditunda

Adri DM Singi. (Foto: Firmansyah/ Metrosulawesi)

Sigi, Metrosulawesi.com – Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sigi berupaya mengaktifkan pasar induk Sigi, berada di kompleks terminal Tambuli di Desa Lolu, Kecamatan Sigi Biromaru. Namun sayangnya, pembangunan pasar induk Sigi itu belum dialokasikan 2018. Terkendala biaya bersumber dari APBD Sigi, sehingga pasar itu belum beroperasi hingga sekarang ini.

Kepala Disperindag Sigi, Adri DM Singi, ditemui di ruang kerjanya, Rabu, 6 Juni 2018, mengatakan keinginanya mengoperasikan pasar induk Sigi begitu besar. Namun apa daya, kata dia, kebutuhan daerah begitu banyak. Sehingga pembangunan pasar ditunda dulu, dan anggaranya dialokasikan ke pembangunan infrastruktur.

“Saya bilang ke Pak bupati Sigi kalau keberadaan pasar induk Sigi penting. Bahkan respons beliau (bupati) baik, namun butuh proses merealisasikannya,” ungkap Adri DM Singi, kepada Metrosulawesi.

Dia menambahkan, kemungkinan pasar induk Tambuli akan dialokasikan pada APBD 2019 mendatang. Olehnya, kata dia, semua pihak terlibat diimbaunya mendukung pembangunan pasar induk Tambuli ke depan.

“Kami berupaya membangun Sigi melalui pasar induk Tambuli ini. Makanya kami juga meminta dukungan masyarakat setempat,” terangnya.

Menurutnya, pasar induk Tambuli dianggap sangat baik bagi pertumbuhan ekonomi daerah ini. Karena, semua hasil pertanian Sigi akan dijual disini sebelum menyeberang ke Kota Palu.

Baik itu sayur-mayur segar andalan Sigi, maupun ikan tawar dari Dolo dan danau Lindu banyak diminati masyarakat. Maka akan disediakan nanti di pasar induk tersebut.

“Kalau pasar induk Tambuli ini beroperasi, saya jamin petani Sigi makin sejahtera. Karena tolak ukurnya adalah kami memasarkan dan mereka menyediakan,” pungkasnya.


Editor: Syamsu Rizal