Sunday, 17 December, 2017 - 16:18

Proyek Terminal Donggala Disoroti

Proyek pembangunan terminal penumpang disekitar pelabuhan Donggala. (Foto : Ist)

Donggala, Metrosulawesi.com - Arsitek Universitas Tadulako Palu, Fathurrahman Mansur  mempertanyakan kesungguhan Pemerintah Kabupaten Donggala untuk membangun terminal penumpang disekitar pelabuhan Donggala.

"Apakah rencana Pemkab Donggala tersebut sudah sesuai dengan master plan tata ruang kota. Ini harus dipikirkan, jangan sampai berbenturan dengan aturan yang ada dan pemanfaatan lahan yang akibatnya hanya sia-sia," kata Fathurrahman belum lama ini di Donggala.

Menurutnya, rencana seperti itu perlu dilakukan studi lebih awal dan jangan sampai hanya kental dengan nuansa proyek seperti pembangunan Ruko Donggala dan Mes Pemda Donggala di Palu yang bermasalah.

Pemkab Donggala mengalokasikan dana Rp 1,8 milyar dalam APBD 2015 untuk pembangunan terminal penumpang pelabuhan kota Donggala. Hal tersebut sebagai upaya mengembalikan fungsi utama pelabuhan tua di kota tersebut sesuai visi misi Kasman Lassa tahun pertama menjabat.

Menurut dia, pembangunan terminal tersebut bila tidak direncanakan dengan matang, dikuatirkan mubazir alias tidak terpakai.

"Jangan sampai terminal itu mubazir, karena hanya akan merugikan keuangan daerah. Dibangun besar, tapi akhirnya tidak terpakai," pungkasnya.


Editor : Subandi Arya

Kirim Komentar Anda
Budayakan beri komentar terkait artikel yang ditayangkan. Komentar adalah tanggapan pribadi sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim, tidak mewakili kebijakan redaksi METROSULAWESI dot com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus komentar sesuai dengan Pedoman Komunitas.