Tuesday, 23 May, 2017 - 05:16

PT SJA II Bantu Pengairan Sawah Warga Pamona

Pipa bantuan untuk perbaiki irigasi masyarakat. (Foto : Ist)

Poso, Metrosulawesi.com - Sebagai perusahaan cukup bonafid yang beroperasi di wilayah kecamatan Pamona Timur, Kabupaten Poso, PT Sawit Jaya Abadi (SJA) II telah berkomitmen untuk ikut terlibat dalam membantu kepentingan masyarakat sekitar.

Kalau beberapa waktu lalu aktiviatas social berupa membantu masyarakat di bidang pendidikan serta membangun rumah layak huni bagi keluarga penderita lumpuh layu di Desa Baratai, kembali PT SJA II berpartisipasi membantu masyarakat dalam rangka pengadaan pipa yang berfungsi untuk pengairan areal sawah milik warga yang berada di tiga desa.

Kepada Metrosulawesi dikatakan CDO PT SJA II Ofier Paath, selama ini warga yang berada di 3 desa yakni, desa Taripa, desa Tiu, serta desa Petiro, mengalirkan air ke areal pesawahan yang seluas 30 Ha hanya dengan mengandalkan kayu papan yang dilapisi terpal plastic yang airya mengalir pada media tersebut.

Sayangnya kata Ofier, media atau sarana yang ada tidak maksimal untuk mengalirkan air diseluruh areal pesawahan milik masyarakat karena mudah rusak. Apalagi jika musim penghujan ternyata sarana yang tidak mampu menahan derasnya aliran air karena tingginya volume air kala itu. Bahkan karena beban yang sangat besar mengakibatkan longsor yang berujung rusaknya sarana pengairan yang ada.

Olehnya, dengan sarana yang terbuat dari bantuan 5 buah pipa berdiamenter 12 inci, kata Ofier, system pengairan tidak akan mengakibatkan longsor serta dapat memampung volume air yang besar, tidak mudah rusak serta dapat bertahan dalam waktu yang lama.

Ditegaskan Ofier, untuk pipa sendiri memang murni di biayai penuh oleh pihak perusahaan. Dimana untuk harga satuan pipa sebesar 1.700.000.

“Karena ini menggunakan lima buah pipa, semuanya di tanggung oleh pihak Perusahaan,” pungkasnya.


Editor : Subandi Arya

Tags: 
Kirim Komentar Anda
Budayakan beri komentar terkait artikel yang ditayangkan. Komentar adalah tanggapan pribadi sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim, tidak mewakili kebijakan redaksi METROSULAWESI dot com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus komentar sesuai dengan Pedoman Komunitas.

Berita Terkait