Monday, 27 March, 2017 - 22:41

Pulau Sanjangan, Memesona Karena Udang Merahnya

Udang merah Dondo, Tolitoli. (Foto : Ist)

Tolitoli, Metrosulawesi.com - Pulau Sanjangan, di Kecamatan Dondo, Tolitoli, merupakan objek wisata bahari yang kini mulai memesona ke penjuru dunia karena spesies udang merahnya yang unik.

Selain memiliki biota laut udang merah, pulau yang dihuni etnis Dondo dan Tolitoli itu, juga memiliki goa berair asin yang dikelilingi atol dan karang kokoh berusia ribuan tahun.

Wartawan Metrosulawesi, yang menyempatkan diri menelusuri pulau berpenduduk lebih kurang 150 jiwa itu, menyimpulkan perlunya kepedulian pemerintah khususnya dinas pariwisata turun tangan kalau ingin menjadikan pulau itu sebagai objek wisata yang bisa diandalkan di masa akan datang.

Sanjangan merupakan salah satu kekayaan alam Tolitoli yang masih alami, namun sejak dulu kelahiran kabupaten ini dibangun nama Sanjangan sudah dipopulerkan oleh seniman daerah ini dalam sebuah lirik lagu. Ini pertanda. Sanjangan merupakan satu simbol di kabupaten ini perlu kita perhatikan. Apa makna dari lirik lagu itu? Kini mulai terkuat kalau Sanjangan menyimpan potensi alam yang bisa diandalkan.

Kalau dulu hanya disebut dalam lirik lagu, maka kita berkewajiban untuk mengaktualkannya sebagai suatu potensi andalan.

Berbagai kekayaan alam Sanjangan dan pulau Takudan ternyata memiliki keunikan dan berbagai spesies biota lautnya yang tidak ditemukan dimanapun di belahan nusantara ini, Sanjangan bisa menjadi satu dari sekian objek wisata bahari dengan mengandalkan biota laut dan terumbuh karangnya yang masih perawan.

Sanjangan juga masuk dalam kawasan yang tidak berjauhan dari salah satu dari tiga pulau yang dimiliki Tolitoli sebagai pulau terluar yang  ditetapkan pemerintah sebanyak 111 pulau. Ini merupakan salah satu daya tarik atau moment pemerintah untuk bisa dan memulai menata Sanjangan sebagai satu kawasan wisata bahari di nusantara kita ini.

Kini. tampil dengan kondisi apa adanya, Sanjangan mulai muncul ke permukaan dengan makin serinmga warga masyarakat mengunjungi kawasan itu. Insensitas kunjungan ke P Sanjangan menurut mantan Kadis Perikanan dan Kelautan Ir Hardiyan Saad, merupakan bukti adanya daya tarik yang dimiliki tempat tersebut. Ditempat ini. selain spesies udang merahnya yang langkah, di sana juga ada gua seperti danau dengan air asinnya.

Besarnya perhatian pemerintah, ternyata mulai ditunjukkan dinS pariwisata yang baru-baru  seluruh kepala dinas pariwisata se Sulteng hadir dalam satu agenda promosi di Sanjangan. Semoga, dengan kegiatan ini bisa lebih memperkenalkan Sanjangan ke dunia internasional, harap Wakil Bupati Tolitoli, H Abd Rahman  yang turut mendampingi para kepala dinas pariwisata se Sulteng itu.

Semoga para Kadis ini bisa mempromosikan keunikan biota dan keindahan Sanjangan ke belahan dunia. Memang saat ini, setiap akhir pekan ribuan turis lokal mengunjungi tempat ini. berbagai cerita mereka dapatkan, mulai dari fakta sampai cerita mitos.


Editor : Subandi Arya

Kirim Komentar Anda
Budayakan beri komentar terkait artikel yang ditayangkan. Komentar adalah tanggapan pribadi sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim, tidak mewakili kebijakan redaksi METROSULAWESI dot com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus komentar sesuai dengan Pedoman Komunitas.