Thursday, 17 August, 2017 - 19:53

Radzul: Belajar Harus Dibawa Santai, Jangan Tegang

Radzul Abyan Taqyuddin Aly. (Foto : Dok)

Peraih Nilai Tertinggi UN se-Sulteng

Palu, Metrosulawesi.com - Radzul Abyan Taqyuddin Aly (17), siswa SMA Al Azhar Mandiri Palu berhasil memperoleh nilai Ujian Nasional (UN) tertinggi se Sulawesi Tengah dengan perolehan nilai 94,8. Dia merasa perjuangannya mempersiapkan diri dalam menghadapi UN tidak sia-sia.

Rabzul mengatakan selama menghadapi UN, dirinya lebih fokus belajar disekolah, karena pembelajaran di sekolah hingga sore hari, kesempatan belajar di rumah sedikit kurang.

“Saya belajar itu tidak terlalu tegang dan tidak merasa ada beban. Tetapi saya tidak lupa berdoa dan berusaha agar mencapai nilai terbaik. Dari dua bulan sebelumnya, saya telah mempersiapkan diri dengan mengerjakan soal-soal latihan dan sering membaca buku,” kata Radzul melalui ponselnya, Rabu, 3 Mei 2017.
 
Radzul mengatakan saat ini dirinya tengah mendaftar di Institut Teknologi Bandung (ITB). Dirinya sangat berharap bisa diterima di perguruan tinggi ini.

“Saran saya kepada yang akan mengikuti UN kedepanya, yaitu belajar dengan baik. Ketika tidak bisa mengerjakan soal latihan, carilah referensi di buku atau internet. Belajar tidak perlu terlalu tegang, dibawa santai saja,” katanya.

Radzul mengaku tidak terlalu memaksakan diri untuk belajar setiap hari. Karena menurutnya, jika dipaksakan, hasilnya tidak akan maksimal dan kepala bisa pusing. Jika perlu diselingi dengan refreshing keluar rumah.

“Cara seperti ini sudah sering saya lakukan. Saya juga menganjurkan agar sering membaca buku, karena ilmu pengetahuan di dalam buku sangat lengkap, mulai dari pelajaran Bahasa Indonesia dan pelajaran lainya,” ujarnya.
 
Radzul mengaku dukungan, motivasi dan bimbingan intensif pihak sekolah sangat membantu dirinya meraih hasil maksimal di UN. 

“Sekolah sangat membantu mengarahkan saya meraih nilai terbaik, diantaranya belajar tambahan pada sore hari. Ini membantu saya dalam mengerjakan soal UN,” jelasnya.
 
Radzul mengaku soal UN tahun ini cukup susah.

“Karena banyak yang tidak sesuai seperti yang kita pelajari di sekolah. Tetapi saya berusaha untuk bisa mengisi soal ujian dengan baik,” katanya.

Radzul mengatakan dirinya tidak menyangka tahun ini dapat meraih nilai tertinggi se Sulteng.

“Karena saya tidak terlalu intens belajar. Biasanya saya belajar hanya sekali dalam sehari,” ungkapnya.

“Saya sangat bersyukur dan berterimkasih kepada guru yang telah membimbing di sekolah dan juga kedua orang tua yang telah mendoakan dan mendukung selama saya mengikuti UN,” ujarnya. 
 
Dia berharap semua siswa SMA Al Azhar Palu dapat meningkatkan prestasinya di bidang apapun, dan “Semoga SMA Al Azhar tetap maju dan berkembang terus. Kami siswa-siswi SMA Al Azhar siap menjaga nama baik sekolah, dan membanggakan sekolah hingga ke tingkat perguruan tinggi,” ujarnya.


Editor : M Yusuf BJ

Kirim Komentar Anda
Budayakan beri komentar terkait artikel yang ditayangkan. Komentar adalah tanggapan pribadi sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim, tidak mewakili kebijakan redaksi METROSULAWESI dot com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus komentar sesuai dengan Pedoman Komunitas.