Monday, 20 August, 2018 - 11:45

Rakornis Pariwisata Sulteng Hasilkan 11 Kesepakatan

RAKORNIS - Rapat Koordinasi Teknis Perencanaan Program Pariwisata Provinsi Sulteng serta kabupaten/ kota se Sulteng di Bungku, Kabupaten Morowali, pada 8-10 Maret 2018, menghasilkan 11 kesepakatan. (Foto: Ist)

Palu, Metrosulawesi.com - Sekretaris Dinas Pariwisata Provinsi Sulawesi Tengah Darmoli Deapatola mengatakan, Rapat Koordinasi Teknis Perencanaan Program Pariwisata Provinsi Sulteng serta Kabupaten/ kota se Sulteng di Bungku, Kabupaten Morowali, pada 8-10 Maret 2018 menghasilkan 11 kesepakatan.

Pertama kata Darmoli, sejumlah kabupaten kota telah menyampaikan data event-event, dan destinasi yang tersedia serta jumlah kunjungan wisatawan mancanegara dan wisatawan nusantara.

“Selain itu pembangunan Pariwisata Sulteng dilakukan melalui pembangunan 3A (Atraksi, Amenitas, Aksesibilitas) dan Go Digital. Dalam pelaksanaan event-event atau atraksi harus dikoordinasikan dengan Dinas Pariwisata Sulteng, agar jadwal pelaksanaan dapat diintegrasikan dengan event kabupaten/kota lainnya, yang menghasilkan kalender event setiap tahun,” ujar Darmoli di ruang kerjanya, Selasa, 13 Maret 2018.

Kata dia, untuk kemajuan pengembangan pariwisata Sulteng, perlu dilakukan koordinasi dan kolaborasi antara pemerintah provinsi dan kabupaten kota.

“Promosi pariwisata perlu dikemas secara nasional, dengan mengunakan kekuatan media sosial dari pasar wisatawan maupun mancanegara,” katanya.

Darmoli mengatakan, masing-masing kabupaten/ kota peting melakukan pemetaan zonasi pengembangan destinasi pariwisata, dan penetapan zonasi destinasi pariwisata unggulan melalui bupati dan walikota.

“Semua kabupaten/ kota perlu mengembangkan destinasi pariwisata, dengan melibatkan pelaku pariwisata yakni akademisi, bisnis, community, government dan media lainnya. Sementara usaha dan produk pariwisata di kabupaten kota se Sulteng perlu disertifikasikan guna peningkatan kualitasnya,” ujarnya.

Selain itu kata Darmoli, kesepakatan selanjutnya perlu adanya event pasar wisata Sulteng seperti Central Celebes Travel Fair (CCTF), sebagai event provinsi yang diikuti dan didukung oleh kabupaten kota Provinsi Sulteng.

“Pada Rakonis berikut perlu dilibatkan mitra pariwisata, rencananya Rakornis tahun 2019 akan digelar di Kabupaten Buol,” katanya.

Darmoli mengatakan rakornis ini digelar dalam rangka untuk melakukan sinkronisasi program antara provinsi dan kabupaten kota. Hasil dari rakornis ini akan dibawa ke forum LKPD kabupaten, serta forum Musrenbang hingga ke tingkat provinsi.

“Hasilnya ini akan menjadi program ke depan pada 2019, selain itu dalam rakornis tersebut kita juga melakukan koneksitas dengan dinas atau OPD terkait misalnya Bappeda, Dishub dan PU, yang berkaitan dengan infrastruktur serta lainnya,” tambahnya.


Editor: Syamsu Rizal