Saturday, 22 September, 2018 - 09:22

Ranperda KTR Disosialisasikan

SOSIALISASI RANPERDA - Sekretaris Daerah Provinsi Sulteng Mohamad Hidayat saat membuka sosialisasi Ranperda KTR di Ruang Polibu Kantor Gubernur Sulteng, Rabu, 15 Agustus 2018. (Foto: Humas Pemprov)

Palu, Metrosulawesi.com - Pemprov Sulteng melalui Biro Hukum Sekretariat Daerah menyosialisasikan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Kawasan Tanpa Rokok (KTR) di Ruang Polibu Kantor Gubernur Sulteng, Rabu, 15 Agustus 2018.

Sekretaris Daerah Provinsi Sulteng Mohamad Hidayat dalam kesempatan ini mengatakan merokok tidak hanya berdampak terhadap orang yang merokok, tetapi juga berdampak kepada orang lain yang berada disekitar para perokok.

“Rokok mengandung berbagai macam zat adiktif yang dapat menimbulkan kecanduan dan merupakan faktor resiko terhadap berbagai penyakit dan dapat menyebabkan kematian,” ujar Hidayat.

Untuk mengendalikan hal tersebut, kata dia pemerintah pada 2003 berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2003 tentang Pengamanan Rokok Bagi Kesehatan dan berdasarkan Undang-Undang Nomor 36 tahun 2009 tentang Kesehatan, telah menegaskan adanya kewajiban pemerintah daerah untuk mewujudkan kawasan tanpa rokok di wilayahnya masing-masing.

“Saya teringat waktu menjabat di BKD Provinsi Sulteng, saat itu dibuat ruangan khusus untuk para perokok, awalnya tidak ada yang merokok disitu karena pegawai masih merokok diruangan masing-masing, nanti diterapkan sanksi bagi ASN yang melanggar barulah pegawai merokok diruangan khusus para perokok,” tuturnya.

Adapun KTR sebelumnya untuk wilayah Provinsi Sulawesi Tengah telah diatur sejak tahun 2016, berdasarkan Peraturan Gubernur Sulawesi Tengah Nomor 6 tahun 2016.

“Pembentukan peraturan gubernur tersebut ketika itu hanya bersifat mengisi kevakuman hukum terkait pengaturan kawasan tanpa rokok, mengingat perintah Perundang-undangan adalah seharusnya dengan jenis peraturan daerah,” ungkap Hidayat.

Olehnya Hidayat berpesan kepada seluruh peserta untuk aktif mengikuti sosialisasi dan selalu menjaga kesehatan serta kebersihan lingkungan sekitar agar tercipta suasana kerja yang nyaman.


Editor: M Yusuf Bj

Tags: