Sunday, 22 October, 2017 - 12:39

Ranperda Pengelolaan Sampah Terancam Batal

Ridwan Alimuda. (Foto : Dok Metrosulawesi).

Jika Kelola Sampah Tidak Becus, Ganti Kepala Dinas

Palu, Metrosulawesi.com - Anggota Baperda DPRD Kota Palu Ridwan Alimuda kembali keluhkan ketidakhadiran Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Palu pada rapat Badan Pembentukan Peraturan Daerah yang digelar di ruang rapat utama DPRD Kota Palu, Selasa (2/2/2016).

Menurutnya, kadis tidak bersungguh-sungguh dalam penanganan sampah di Kota Palu.

“Hal ini terbukti dari ketidakhadirannya (Kadis DKP) saat pembahasan pada rapat bersama Baperda di hari ke dua. Padahal sudah disepakati dalam rapat sebelumnya bahwa Kepala DKP untuk hadir hari ini. Sebenarnya kadis sudah mengetahui tentang ranperda penanggulangan sampah, tapi saat pembahasan justru tidak hadir,” ujar Ridwan.
 
Ridwan menjelaskan persoalan sampah di Kota Palu tidak terletak pada peraturan pengelolaan sampah.

“Melainkan tanpa perda pun, jika DKP bersungguh-sungguh melaksanakan tupoksinya dengan baik, maka Kota Palu bisa menjadi bersih,” katanya.

Kata dia, DKP harus memiliki road map pengelolaan sampah di Kota Palu.

“DKP sudah bisa memprediksi jumlah kubik sampah perhari dengan jadwal pengangkutan sampah, serta jumlah armada sampah. Jika ini sudah diketahui, maka hitungannya pasti pas,” ungkapnya.

Seharusnya pihak DKP, kata Ridwan, tidak terpaku hanya pada peraturan melainkan fokus melaksanakan kinerja pengelolaan sampah dengan baik dan benar.

“Bukan salah perda, tetapi kontinyu dalam pengangkutan sampah itu yang perlu DKP laksanakan. Apakah adanya peraturan yang dibuat terkait pengelolaan sampah, maka sampah bisa tertangani di kota Palu? Perda ini hanya untuk mengcover. Jangan lebih besar produksi sampah dibanding pengangkutan,” tegas Ridwan.
 
Ridwan mengatakan kinerja Kepala DKP saat ini belum terlihat geliatnya.

“Saya pertanyakan kinerja Kepala DKP sekarang. Karena pasca pergantian Kepala Dinas, persoalan sampah yang ada di kota Palu semakin banyak. Ditinjau kembali jabatan kepala dinas, bila perlu ganti kepala dinas,” katanya.

Menurut informasi saat ini, Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan kota Palu Yusrini sedang berada di luar kota.


Editor : M Yusuf BJ

Kirim Komentar Anda
Budayakan beri komentar terkait artikel yang ditayangkan. Komentar adalah tanggapan pribadi sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim, tidak mewakili kebijakan redaksi METROSULAWESI dot com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus komentar sesuai dengan Pedoman Komunitas.